Total sebanyak 500 penampil akan memeriahkan pembukaan PPD 2023.
Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Pameran Potensi Daerah (PPD) 2023 pada 7 hingga 16 Juli, di Gedung Serba Guna Sleman dan Lapangan Denggung untuk membangun dan meningkatkan daya saing potensi masyarakat di wilayah itu.

"PPD yang digelar dalam rangka puncak peringatan Hari Jadi ke-107 Kabupaten Sleman ini dimaksudkan untuk memacu potensi unggulan dari 17 kapanewon (kecamatan) di Sleman, agar semakin memiliki daya saing," kata Ketua Panitia Hari Jadi ke-107 Kabupaten Sleman Aji Wulantara, di Sleman, Jumat.

Menurut dia, agenda pameran yang rutin digelar setiap tahun ini kembali dilaksanakan setelah sempat dua tahun ditiadakan, karena adanya pandemi COVID-19.

"Diharapkan dengan kembali digelarnya PPD ini dapat semakin membangkitkan potensi-potensi di masyarakat yang sempat terdampak pandemi," katanya pula.

Ia mengatakan, pameran ini juga menjadi pusat edukasi bagi masyarakat, karena selain menampilkan potensi kapanewon, juga akan dihadirkan sejumlah gerai dari instansi pemerintah dan BUMD yang menampilkan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini.

"Akan ada sebanyak 275 gerai dalam PPD 2023 ini dengan sembilan zona sesuai peruntukan meliputi gerai OPD Pemkab Sleman, BUMD Sleman, UMKM, kuliner serta dimeriahkan berbagi macam talkshow," katanya lagi.

PPD 2023 secara resmi bakal dibuka pada 8 Juli 2023 pukul 16.00 WIB. Acara pembukaan akan diramaikan dengan penampilan marching band, festival busana, serta festival bregada.

"Total sebanyak 500 penampil akan memeriahkan pembukaan PPD 2023," kata dia pula.

Aji menambahkan, PPD 2023 juga akan dimeriahkan acara pagelaran seni kebudayaan tiap kapanewon. Selain itu ada pentas seni dari anak-anak PAUD, lomba menggambar, bershalawat, pelayanan perizinan, hingga job fair mini.

"Job fair mini diikuti 18 perusahaan melalui prosedur hadir langsung, drop CV atau secara daring," katanya lagi.

Ia mengatakan job fair juga menyediakan 150 jabatan dengan lebih dari 1.000 lowongan dari sektor retail, garmen, kesehatan, kuliner, perhotelan, dan keuangan.

"Mini job fair juga memberikan informasi mengenai program kegiatan Disnaker, UPTD BLK, dan Lembaga Pelatihan Kerja," katanya pula.

Dalam mini job fair ini, kata dia, juga akan memperkenalkan aplikasi Siapkerja sebagai layanan informasi ketenagakerjaan secara nasional.
Baca juga: Bupati Sleman luncurkan Omah Jadah Kaliurang
Baca juga: Sleman peringkat pertama nasional Penghargaan Sanitasi Sekolah 2023

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023