Sejalan dengan perkembangan pembangunan dewasa ini, diharapkan masyarakat luas semakin mengetahui lebih banyak lagi mengenai perkembangan serta program-program pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan
Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep) Sulawesi Tengah menggencarkan promosi potensi daerah untuk meningkatkan sektor usaha yang berdampak pada stabilitas dan peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Rusli Moidady, di Bangkep, Senin, mengemukakan promosi potensi dan pembangunan daerah, sebagai satu upaya sosialisasi yang tujuannya tidak hanya mengenalkan kepada masyarakat mengenai pembangunan yang dilaksanakan, melainkan juga untuk menarik minat masyarakat luas agar datang berwisata ke Bangkep.

"Hal ini menjadi salah satu promosi daerah untuk membangkitkan dunia usaha dan dunia hiburan bagi masyarakat, juga merupakan sarana untuk bersilaturahmi antara Pemerintah dan masyarakat," kata Rusli Moidady.

Rusli mengatakan, upaya promosi potensi dan pembangunan daerah terus dilakukan, salah satunya lewat pameran pembangunan daerah yang bertepatan dengan momentum HUT Ke-24 Tahun Kabupaten Banggai Kepulauan.

"Sejalan dengan perkembangan pembangunan dewasa ini, diharapkan masyarakat luas semakin mengetahui lebih banyak lagi mengenai perkembangan serta program-program pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan," kata Sekda.

Ia menyampaikan salah satu pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemkab Banggai Kepulauan yakni pembangunan pada sektor kepariwisataan, dengan tujuan untuk meningkatkan industri wisata yang diharapkan berefek pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Berkembangnya sektor pariwisata, sebut dia, maka secara otomatis akan berdampak pada peningkatan sektor jasa. Dengan demikian, lapangan kerja baru terbuka lebar, sehingga pengangguran dan kemiskinan secara berkelanjutan dapat diintervensi.

Beberapa lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat dari dalam dan luar negeri yaitu Danau Paisu Pok terletak di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Permandian Desa Kautu di Kecamatan Tinangkung, Pantai Tebeabul di Desa Bakalan Kecamatan Tinangkung, Teluk Pompon di Desa Lalong, Kecamatan Tinangkung Utara, Pantai Mandel Desa Palam, Kecamatan Tinangkung Utara, Bone Oluno di Desa Abason dan Bone Pololoba di Desa Lopito di Kecamatan Totikum.

Di Danau Paisu Pok, pengunjung dapat melakukan snorkeling, diving, naik perahu untuk menikmati keindahan alam danau tersebut. Di samping itu, pengunjung dapat menikmati kuliner khas lokal yaitu ubi Banggai, sinole dan ikan bakar. Danau Paisu Pok panorama alamnya alami dan masih terjaga.

Kemudian, spot wisata Pantai Poganda di Kecamatan Bulagi Utara. Di sini pengunjung dapat menikmati pasir putih, panorama laut dan hamparan pulau serta juga menyaksikan matahari terbenam (sunset).

Di samping itu, Banggai Kepulauan juga menawarkan spot wisata Danau Alani dan Danau Lemelu di Kecamatan Bulagi Selatan. Dua danau ini sangat menarik dan memiliki data tarik tersendiri, terletak di kawasan pegunungan. Di objek wisata ini pengunjung dapat melihat langsung aktivitas kehidupan masyarakat Suku Seasea yang terjaga keaslian peradaban budayanya.

"Keberhasilan pembangunan Kabupaten Banggai Kepulauan banyak ditentukan oleh berbagai persyaratan dan yang paling utama adalah kemampuan dalam mengoptimalkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta sejauh mana kemampuan mengeliminasi hambatan dan keterbatasan," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Banggai Kepulauan kenalkan objek wisata ke WNA mahasiswa UGM

Baca juga: Pemkab Bangkep gandeng ANTARA dan RRI promosikan wisata

Baca juga: Bangkep siapkan sejumlah objek wisata alam tingkatkan kunjungan wisnus

 
Salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023