Momentum libur Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan umumnya wisatawan dalam negeri.....
Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, menyiapkan sejumlah objek wisata alam untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara (Wisnus) atau wisatawan lokal pada momentum libur Idul Fitri 1444 Hijriah dan cuti bersama.

"Momentum libur Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan umumnya wisatawan dalam negeri, atau lebih khusus wisata lokal," kata Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir saat dihubungi dari Palu, Rabu malam.

Ihsan menguraikan, berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Kepulauan bahwa kunjungan wisatawan dalam negeri di Banggai Kepulauan tahun 2022 yakni 107.225 orang.

Baca juga: Sandiaga ungkap destinasi wisata di Jakarta siap dikunjungi wisatawan

Dia mengatakan Banggai Kepulauan adalah daerah dengan potensi wisata yang sangat baik. Bangkep memiliki objek wisata alam laut, taman bawah laut, pasir putih, danau dan sebagainya.

"Maka Pemkab Bangkep fokus pada pengembangan sektor pariwisata, karena potensi yang dimiliki," ujarnya.

Objek wisata Danau Paisu Pok yang berada di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, menjadi primadona bagi wisatawan dan objek - objek wisata lainnya seperti permandian Desa Kautu, Pantai Tebeabul dan Pantai Mandel yang ada di Desa Palam, Teluk Pompon, Bone Oluno Desa Abason, Bone Pololoba Desa Lopito.

Objek wisata Danau Alani dan Danau Lemelu Kecamatan Bulagi Selatan, misalnya, menjadi tempat menarik karena terletak di kawasan pegunungan dengan keindahan alam yang luar biasa.

"Di spot ini juga bisa dilihat aktivitas kehidupan masyarakat Suku Seasea yang terjaga keaslian peradaban budayanya," ungkapnya.

Baca juga: Kemenhub luncurkan Buku Digital Peta Kuliner dan Wisata Pulau Jawa

Begitu juga, kata dia, objek wisata Pantai Ponpom di Desa Lalong Kecamatan Tinangkung Utara. Pantai ini memiliki keindahan tersendiri, karena memiliki pasir putih yang sangat indah serta lautnya yang ramah untuk berperahu, bersepeda air, dan juga menikmati ciri khas makanannya.

Oleh karena itu, ujar dia, Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulaun, melakukan langkah - langkah kesiapan di antaranya yaitu, koordinasi dengan pengelola objek wisata dan pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan daya tarik objek wisata.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023