Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Provinsi Sulawesi Tengah dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA latih pegawai di pemerintahan tersebut tentang jurnalistik untuk kepentingan penyebarluasan informasi kepada publik.
 
"Langkah ini sebagai upaya untuk menciptakan ruang lingkup informasi yang mengedukasi masyarakat, maka dibutuhkan teknik penulisan siaran pers yang baik dan benar," kata Pj Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir saat membuka kegiatan pelatihan jurnalistik dan penyiar radio di Banggai Kepulauan, Selasa.

Ia menjelaskan, penyebarluasan informasi di era digital saat ini lebih mudah, namun perlu memperhatikan kaidah-kaidah jurnalistik, sehingga dibutuhkan kemampuan dalam mengolah dan menyajikan informasi secara utuh dan lugas untuk mengedukasi masyarakat.

Perkembangan teknologi informasi saat ini, dibutuhkan kebijaksanaan dalam membuat konten berita yang menyejukkan, bukan untuk memprovokasi publik, apalagi saat ini tugas kehumasan sepenuhnya dilimpahkan ke pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai corong pemerintah, maka siaran pers dibuat harus mengacu pada kaidah maupun aturan bidang jurnalistik.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk memperluas pengetahuan dan wawasan pegawai yang ditugaskan khusus mengelola informasi dan komunikasi pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait cara memperoleh, mengolah serta menyiarkan berita pada ," ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Banggai Kepulauan Ratnasari N Turungku mengatakan, giat ini dilakukan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan dasar di bidang jurnalistik, sekaligus untuk disiapkan menjadi tenaga teknis pembuat berita pada masing-masing OPD.
 
 
Karena kegiatan dan program prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) wajib diketahui publik, maka wadah yang digunakan untuk menyalurkan informasi tersebut adalah media massa, maupun kanal resmi pemerintah setempat.
 
"Sumber daya manusia (SDM) yang telah mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat berkolaborasi dengan Diskominfo untuk memberikan kontribusi dalam memajukan daerah lewat tulisan yang dipublikasikan dan suara," tuturnya.

Kepala Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Sulawesi Tengah Andilala mengemukakan, giat ini sebagai bentuk membangun kesinambungan di bidang pemberitaan, sekaligus mendukung program Pemkab Bangkep dalam memajukan daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

Sebagaimana tugas kantor Berita ANTARA yakni memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi global melalui penyebarluasan informasi dengan jaringan komunikasi yang menjangkau berbagai pelosok negeri dan dunia.

"Sebagai kantor berita Indonesia, kami siap berkolaborasi dengan Pemda, pemangku kepentingan lainnya, karena saat ini sudah berada era keterbukaan informasi dan teknologi yang kini semakin canggih," kata dia.
 
Pelatihan jurnalistik diinisiasi Diskominfo Bangkep mengangkat tema membangun dan berkarya lewat tulisan dan suara, menghadirkan 70 orang peserta terdiri dari perwakilan masing-masing OPD mampu jurnalis setempat.

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023