kami harapkan nilai-nilai keteladanan tersebut menjadi motivasi, menjadi semangat bagi Polri
Jakarta (ANTARA) -
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan nilai-nilai keteladanan perjuangan para pahlawan bangsa di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata menjadi motivasi bagi Polri dalam rangka menyambut HUT ke-77 Bhayangkara.

Kapolri beserta pejabat utama (PJU) Mabes Polri, Jumat, berziarah serta tabur bunga ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan, yang merupakan tradisi menjelang peringatan HUT ke-77 Bhayangkara.

"Hari ini kami bersama pejabat utama Mabes Polri dan juga Bhayangkari serta anggota Mabes Polri melaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga, di mana kegiatan yang kami lakukan ini sebenarnya adalah rutin setiap tahun menjelang memasuki Hari Bhayangkara," kata Listyo Sigit di Jakarta, Jumat.

HUT Bhayangkara diperingati setiap tanggal 1 Juli. Puncak peringatan HUT ke-77 Bhayangkara dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (1/7).

Baca juga: Polri gelar bakti kesehatan hingga pelatihan bantuan hidup dasar

Menurut jenderal bintang empat itu, berziarah ke makam para pendahulu merupakan sikap untuk mengenang nilai-nilai perjuangan maupun keteladanan dari seluruh pahlawan Indonesia.

"Dengan demikian, kami harapkan nilai-nilai keteladanan tersebut menjadi motivasi, menjadi semangat bagi Polri dalam menyongsong Hari Bhayangkara yang ke-77," tambahnya.

Dengan mengenang serta merefleksikan keteladanan dan perjuangan para pahlawan, lanjut dia, maka diharapkan bisa menjadi semangat untuk seluruh personel Polri dalam menghadapi seluruh tantangan maupun tugas ke depannya.

Baca juga: Populi Center beberkan alasan kepercayaan terhadap Polri naik

Apalagi, tambah Sigit, Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024. Sehingga, perlu kerja keras dari jajaran kepolisian maupun seluruh elemen masyarakat untuk terus mengawal nilai persatuan dan kesatuan demi mewujudkan Indonesia menjadi negara maju.

"Ke depan tentunya kita menghadapi berbagai macam tantangan dan tugas, termasuk kita akan memasuki tahun politik. Kita juga harus terus mengawal untuk mewujudkan Indonesia maju dan tentunya ini menjadi tugas kita bersama," kata Sigit.

Mantan kepala Bareskrim Polri itu menambahkan bahwa mengenang perjuangan dan nilai positif dari para pahlawan Indonesia menjadi penting untuk seluruh insan Bhayangkara. Sehingga, hal itu harus dijadikan semangat dan motivasi bagi generasi penerus untuk membawa Indonesia menjadi jauh lebih baik.

"Oleh karena itu, pentingnya mewarisi nilai-nilai semangat untuk menjadi motivasi kita bersama seluruh insan Bhayangkara di seluruh Indonesia," ujar Listyo Sigit.

Baca juga: Pengamat yakini keseriusan kapolri teguhkan visi "Polri Presisi"

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023