Kami ingin mengucapkan terima kasih atas hasil karya dan perjuangan beliau-beliau
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berziarah ke pendahulu di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan dan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, Sabtu, menjelang Hari Ulang Tahun ke-496 Jakarta pada 22 Juni.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih atas hasil karya dan perjuangan beliau-beliau sehingga menorehkan sebuah sejarah yang memang harus kita ingat," kata Heru di Jakarta, Sabtu.

Heru bersama jajaran Pemprov DKI dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lebih dulu berziarah makam Wali Kota dan Gubernur DKI Jakarta terdahulu serta makam Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.

Rombongan selain berdoa bersama, juga meletakkan serta menebar bunga di beberapa makam pimpinan DKI Jakarta terdahulu yang telah wafat, seperti: Surjadi Soedirdja (Gubernur DKI Jakarta Periode 1992–1997), Wiyogo Atmodarminto (Gubernur DKI Jakarta Periode 1987-1992), Sudiro Hardjodisastro (Gubernur DKI Jakarta Periode 1953-1960), dan Suwirjo (Wali Kota DKI Jaya Periode 1945-1947).

Setelah itu, Pj Gubernur DKI Jakarta beserta jajarannya melanjutkan ziarah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Di lokasi itu, rombongan berdoa untuk pahlawan nasional dari DKI Jakarta Mohammad Hoesni Thamrin, makam Ismail Marzuki, serta melakukan prosesi yang sama seperti di TMP Kalibata.

Dengan menabur bunga dan berdoa untuk pahlawan yang telah membangun kota Jakarta ini, Heru berharap semangat para wali kota dan gubernur yang pernah membangun Jakarta di masa lalu itu bisa menginspirasi para pejabat daerah serta segenap warga di DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Heru berharap karya dan buah pikir para pahlawan tersebut bisa menjadi referensi, serta bahan pelajaran bagi generasi penerus dalam menjalankan roda pemerintahan, dan membangun Jakarta untuk menjadi lebih baik.

"Dan kami generasi penerus akan terus meneruskan pemikiran-pemikiran beliau, yang memang cocok untuk membangun Jakarta ke depan. Visi mereka kan bagus dan ini tentu menjadi semangat bagi pejabat Pemprov DKI Jakarta,"katanya.
Baca juga: Masyarakat DKI puas dengan kinerja Heru Budi Hartono
Baca juga: Pj Gubernur DKI minta budi pekerti ikut ditanamkan pada peserta didik
Baca juga: DKI gelar Half Marathon peringati HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023