Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Korea Selatan memberikan papan nama ke Akademi Hangeul Baubau dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan.

Duta Besar Korsel untuk Indonesia Lee Sang-deok berkunjung ke Kota Baubau di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, Rabu (28/6), untuk menyumbang papan nama ke Akademi Hangeul Baubau yang mengajarkan huruf Korea, atau hangeul, ke Suku Ciacia.

“Hangeul diciptakan berdasarkan mekanisme ilmiah, sehingga saya berharap bahwa hangeul dapat digunakan dalam pendidikan Suku Ciacia,” kata Dubes Korsel Lee Sang-deok menurut siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut dilakukan untuk memperingati 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korsel yang jatuh pada September 2023.

Selain itu, Badan Promosi Investasi Perdagangan Korsel (KOTRA) dan perusahaan Korsel seperti Arasoft dan KB Bukopin juga memberikan program digital, e-books, dan perlengkapan teknologi informasi seperti laptop dan tablet komputer kepada Akademi Hangeul Baubau.

Bantuan tersebut diberikan agar Suku Ciacia bisa mempelajari dan menggunakan hangeul dengan mudah.

Disebutkan bahwa pihak Korsel juga memberikan seminar peningkatan kapasitas teknologi informasi guna meningkatkan kapasitas teknologi informasi pegawai pemerintah di Kota Baubau.

“Perangkat IT serta program digital yang telah disumbangkan oleh perusahaan Korea akan dapat mendukung lingkungan pembelajaran tak hanya bagi Suku Ciacia, tetapi juga bagi Kota Baubau,” kata Lee Sang-deok.

Kedubes Korsel, KOTRA, dan perusahaan Korsel akan terus saling berkolaborasi dalam mempromosikan pertukaran budaya dua arah antara Indonesia dan Korsel yang merupakan faktor utama dalam hubungan kedua negara.


Baca juga: Kedubes: Korsel akan perluas penanaman modal bidang TIK
Baca juga: Kedubes Korsel: Hyundai ingin penyediaan infrastruktur mobil listrik

Baca juga: Kedubes Korsel: IK-CEPA tingkatkan volume dagang hingga 30 miliar USD

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023