Cirebon (ANTARA) - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat Ayep Hanapi mengatakan selama masa libur Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah melayani sebanyak 67.190 penumpang, dan data tersebut bisa bertambah.

"Total penumpang yang menggunakan layanan kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon pada momentum libur Idul Adha mencapai 67.190 orang," kata Ayep di Cirebon, Jumat.

Ayep mengatakan jumlah penumpang tersebut tercatat dari tanggal 27 Juni hingga 3 Juli 2023, baik yang naik dari wilayah Daop 3 Cirebon maupun turun.

Ia menjelaskan untuk penumpang yang berasal dari Daop 3 Cirebon pada periode tersebut tercatat terdapat 32.941 orang, mereka melakukan perjalanan ke berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan lainnya.

Baca juga: KAI Cirebon: 12.700 orang naik KA sehari jelang Idul Adha

Menurut dia jumlah penumpang yang baik tersebut, paling banyak mengarah ke Jakarta, bahkan pihaknya harus mengoperasikan KA Argo Cheribon tambahan, untuk mengangkut para penumpang.

"Kalau di rata-rata selama libur Idul Adha per hari terdapat 4 ribu penumpang yang naik dari Daop 3 Cirebon, tapi yang paling banyak atau puncaknya terjadi pada tanggal 2 Juli dengan 6 ribu penumpang," tuturnya.

Ayep mengatakan selain penumpang yang naik, KAI Daop 3 Cirebon juga melayani penumpang yang turun dan itu berasal dari berbagai daerah, di mana jumlahnya mencapai 34.249 orang.

Menurut dia, untuk puncak kedatangan terjadi pada tanggal 28 Juni 2023 dengan jumlah penumpang mencapai 9.234 orang, di mana Stasiun Cirebon menjadi tujuan terfavorit.

Baca juga: KAI Cirebon pastikan sarana prasarana siap layani penumpang

"Kalau puncaknya ada 9.234 orang yang turun di wilayah Daop 3 Cirebon, dan itu terjadi sehari sebelum Idul Adha 1444 Hijriah," katanya.

Ia menambahkan jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah, karena sampai saat ini tiket kereta api masih di jual, sehingga belum secara keseluruhan tercatat.***1***

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023