Banda Aceh (ANTARA) - Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh membagikan daging kurban sumbangan berbagai instansi pemerintahan di Aceh kepada 750 masyarakat kurang mampu di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, dan 200 untuk pengurus masjid.

"Kita bagikan kepada 750 orang fakir serta 200 orang pengurus masjid termasuk didalamnya para imam, muadzin, qari, dan seluruh khadam masjid. Setiap orang mendapat satu tumpuk/kantong dengan berat lebih kurang 2 kg," kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman Saifan Nur, di Banda Aceh, Jumat.

Baca juga: Pemkot Jaksel bagikan daging hewan kurban kepada PJLP

Saifan menyampaikan, orang fakir yang mendapat daging kurban tersebut sebelumnya telah menyerahkan proposal permohonan dan mendapat kupon dari panitia kurban. Namun, saat hari pembagian kurban juga diberikan kepada 40 orang fakir yang tidak mengantongi kupon.

"Ada 710 yang dapat kupon, sedangkan yang tidak mendapat kupon ada 40 orang, tetapi mereka hadir saat pembagian," ujarnya.

Baca juga: Peringati Idul Adha, DPD RI bagikan kurban ke pegawai dan warga

Pembagian daging hewan kurban itu telah dilaksanakan saat hari pertama Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah (28/6), bertempat di area bawah basement parkir roda empat Masjid Raya Baiturrahman.

"Pembagian berjalan tertib dan lancar mulai pukul 14.00 sampai 18.00 WIB," katanya.

Baca juga: Moorlife bagikan 3 ribu paket daging di 38 provinsi di Indonesia

Dirinya menyebutkan, Masjid Raya Baiturrahman menerima sumbangan hewan kurban sebanyak 14 ekor sapi dan 12 ekor kambing dari berbagai instansi pemerintahan di Aceh.

Adapun instansi yang menyumbang sapi kurban yakni Keurukon Katibul Wali, Kejati Aceh, Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), Dinas Pendidikan Dayah, Dinas Perikanan, Dinas Perhubungan, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan BPK Perwakilan Aceh.

Kemudian, Sekwan, Gubernur, Kapolda, Dinas Pengairan, Bank Aceh, Partai Gerindra, dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Aceh, Dinas Komunikasi dan Persandian (Diskominsa) Aceh, Badan Reintegrasi Aceh (BRA), dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh.

Baca juga: Ahli gizi bagikan kiat konsumsi daging kurban bagi pengidap kolesterol
Baca juga: Masjid At-Tin bagikan 3.000 bungkus daging hewan kurban

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023