Madiun (ANTARA) - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,6 yang terjadi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada pukul 19.57 WIB, juga dirasakan warga di wilayah Kota Madiun, Jawa Timur.

Sejumlah warga di Kota Madiun sempat panik dan berlari ke luar rumah akibat guncangan gempa bumi yang melanda daerah setempat pada Jumat malam tersebut.

Salah satu warga Kelurahan Nambangan Kidul, Kota Madiun Sugeng mengaku kaget ketika tiba-tiba lantai tempat ia duduk terasa berguncang.

"Saat itu sedang ada kegiatan arisan di komplek perumahan. Orang-orang yang datang arisan langsung lari ke luar rumah saat tahu ada gempa," ujar Sugeng.

Ia awalnya tidak menduga jika terjadi gempa bumi. Ia baru sadar jika telah terjadi gempa setelah sejumlah orang-orang berteriak ada gempa. Meski sempat panik, namun kegiatan arisan komplek perumahan tersebut dapat berjalan lancar.

Selain di Kota Madiun, gempa diperkirakan juga dapat dirasakan di wilayah Kabupaten Madiun, Ngawi, Ponorogo, Magetan, dan Pacitan. Meski tidak ada dampak kerusakan, namun gempa cukup membuat kaget warga.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis gempa magnitudo 6,6 tersebut terjadi pada pukul 19:57:41 WIB.

Lokasinya berada di 8.70 Lintang Selatan 110.06 Bujur Timur (94 kilometer Barat Daya Bantul-DIY) dengan kedalaman 12 kilometer.

Informasi terkait adanya gempa tersebut juga ramai di sejumlah platform percakapan WhatsApp yang mengabarkan terjadinya peristiwa gempa bumi tersebut.

Baca juga: BMKG: Gempa magnitudo 6,4 guncang Bantul, Yogyakarta

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023