Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta pada Jumat (30/l6) antara lain masih seputar pembagian dan kelayakan hewan kurban di berbagai wilayah hingga Rumah Potong Hewan (RPH) tetap beroperasi.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca pada hari ini:
 
1. Pemkot Jaksel bagikan daging hewan kurban kepada PJLP
 
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan membagikan daging hewan kurban kepada masyarakat termasuk Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) pada Idul Adha 1444 Hijriah.
 
"Semua daging kurban diberikan kepada fakir miskin, masyarakat yang terdata dan para PJLP Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
2. Daging hewan kurban di Jakarta Timur layak dikonsumsi
 
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menyatakan daging hewan kurban yang disembelih di wilayah tersebut pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
 
"Sampai hari ini, tidak ada yang ditemukan hewan kurban yang sakit dan daging semuanya layak konsumsi saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas di lapangan," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Jaktim Ali Nurdin usai penyembelihan hewan kurban di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
3. Petugas pantau masyarakat agar tak buang limbah kurban sembarangan
 
Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta terus melakukan pemantauan agar tidak ada masyarakat atau panitia kurban yang membuang limbah hewan kurban sembarangan.
 
"Sampai hari ini kawan-kawan kami masih turun sampai nanti hari tasyrik selesai," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
4. Baznas RI sampaikan pedoman aman distribusikan daging kurban
 
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia menyampaikan pedoman aman mendistribusikan daging hewan kurban Idul Adha 1444 Hijriah saat menyelenggarakan kurban di Masjid Darussalam Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat.
 
Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum mengatakan, dalam penyelenggaraan kurban puluhan sapi dan kambing di Masjid Darussalam, pihaknya menerapkan prinsip aman syar'i, aman regulasi dan aman NKRI agar daging sampai ke tangan masyarakat tetap higienis.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
5. Pemprov DKI tegaskan rumah potong hewan tetap beroperasi
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menegaskan rumah potong hewan (RPH), termasuk rumah potong hewan unggas (RPHU) tetap beroperasi, meski pasokan ayamnya sedikit terkendala.
 
"RPHU tetap beroperasi (tidak libur) dan membuka pelayanan sekalipun pemasokan ayam terkendala," kata Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.
 
Baca berita selengkapnya di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023