Jakarta (ANTARA) - Olympique de Marseille resmi mendatangkan pemain baru yaitu Geoffrey Kondogbia dari Atletico Madrid.

“Hari ini mengumumkan penandatanganan Geoffrey Kondogbia dari Atleico de Madrid. Gelandang tersebut telah berkomitmen untuk Olimpiade setelah berhasil menyelesaikan pemeriksaan medisnya,” tulis pengumuman resmi klub, Sabtu.

Kepindahan pemain 30 tahun itu ditaksir menelan biaya 8 juta euro dengan kontrak empat tahun sampai 2027.

“Biaya akhir €8 juta. Kontrak empat tahun. Tes medis disetujui. Dia hanya ingin bergabung dengan OM,” tulis pakar transfer Fabrizio Romano melalui Twitter, Sabtu.

Lulusan akademi RC Lens, Kondogbia memainkan pertandingan profesional pertamanya pada usia 17 tahun dimana ia bermain enam menit saat timnya kalah 1-3 dari Olympique Lyon di Liga Prancis pada November 2010, demikian dilansir dari Transfermarkt.

Baca juga: Geoffrey Kondogbia selangkah lagi menuju Marseille

Setelah debut, pada musim 2011/2012, Kondogbia menjadi pilar RC Lens dimana pada musim itu ia mencetak satu gol dan dua assists dari 37 pertandingannya pada semua ajang.

Setelah itu, pemain kelahiran 15 Februari 1993 tersebut memperkuat lima klub yaitu Sevilla, AS Monaco, Inter Milan, Valencia, dan Atletico Madrid dalam periode satu dekade lebih setelah hijrah dari Lens.

Bersama klub terakhirnya yang diasuh oleh Diego Simeone itu, Kondogbia tampil 93 kali di semua ajang dengan mencetak satu gol dan empat assists sejak didatangkan pada November 2020.

Ia turut memenangkan satu trofi untuk klub yang bermarkas di Metropolitano Stadium itu yaitu Liga Spanyol 2020/2021.

Sementara itu, pada level tim nasional, Kondogbia telah bermain untuk tim kelompok umur timnas muda Prancis dan memenangkan Piala Dunia U20 2013 di Turki yang saat itu ia bermain bersama Jordan Veretout di lini tengah untuk Les Bleus.

Setelah beberapa kali tampil untuk timnas Prancis, Kondogbia kemudian pindah tim nasional dan memilih bergabung dengan timnas Republik Afrika Tengah pada 2018 dan hingga kini memiliki 11 caps dan dua gol.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023