Kami sudah menjalin komunikasi dan mendiskusikan tentang variasi pemanfaatan gambir di India.
Padang (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Barat (Disperindag Sumbar) menjalin komunikasi dengan Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Chennai India untuk mengembangkan dan mempromosikan produk gambir dari provinsi ini.

Kepala Disperindag Sumbar Novrial, di Padang, Sabtu, mengatakan ITPC adalah perwakilan promosi Kementerian Perdagangan RI di India yang diharapkan bisa menjembatani pengembangan produk dan memperluas pasar gambir dari Sumbar.

"Kami sudah menjalin komunikasi dan mendiskusikan tentang variasi pemanfaatan gambir di India, pelaku impor di India dan kemungkinan untuk mendapatkan informasi harga pembelian bulanan gambir di India," katanya pula.

Ia menyebut komunikasi dengan ITPC itu merupakan upaya mengakselerasi tugas Tim Percepatan Pengembangan Gambir Sumatera Barat yang diminta oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi.

"Gubernur sangat serius untuk mengembangkan produk gambir ini untuk membantu meningkatkan kesejahteraan di tingkat petani. Sejumlah langkah telah diambil salah satunya membentuk Tim Percepatan Pengembangan Gambir," katanya lagi.

Novrial menyebut melalui ITPC Chennai diharapkan Pemprov Sumbar mendapatkan informasi yang lebih valid apakah gambir Sumbar sesampainya di India diolah kembali untuk dijual di pasar Eropa, Amerika, dan Asia Timur seperti informasi sejauh ini, atau hanya dikonsumsi atau digunakan untuk pasar dalam negeri India.

Dengan adanya informasi tentang pemanfaatan, variasi produk olahan, importir dan harga secara reguler, diharapkan para eksportir di Sumbar dapat memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan.

Dengan demikian ke depan juga bisa diharapkan harga di tingkat petani produsen di Sumbar juga akan semakin bagus.

Ia mengatakan Disperindag Sumbar akan terus mengupayakan mendapatkan berbagai informasi sejenis baik dari pasar tradisional, seperti India, Pakistan, dan Bangladesh maupun dari pasar produk olahan gambir India, seperti Jerman, Amerika, Jepang, Prancis, dan Italia.

Gambir merupakan salah satu produk unggulan Sumbar. Daerah itu memproduksi hampir 80 persen dari produksi gambir nasional.

Produk tersebut mengandung senyawa Tanin dan Katechin yang diperlukan untuk industri obat-obatan, kosmetik, penyamak kulit dan pewarna organik.

Sementara itu, Direktur ITPC Chennai Nugroho Priyo dalam zoom meeting yang digelar 27 Juni 2023, menyambut baik inisiatif Pemprov Sumbar tersebut. ITPC Chennai akan membantu sesuai kewenangan.

Dalam kesempatan itu, ia juga menawarkan berbagai program business matching antara buyer di India dengan seller di Sumbar.
Baca juga: Ketua AKGI sebut harga gambir masih anjlok
Baca juga: Gubernur Sumbar harap perda bisa jadi solusi stabilitas harga gambir

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023