Ottawa (ANTARA) - Produk Domestik Bruto (PDB) riil Kanada tumbuh 0,4 persen pada Mei, demikian disampaikan oleh Statistics Canada, pada Jumat (30/6).

Informasi awal menunjukkan bahwa pertumbuhan pada Mei dipimpin oleh sektor manufaktur dan perdagangan grosir, serta oleh kantor-kantor agen real estat dan pialang, kata badan statistik nasional tersebut.

Rebound juga terlihat dalam administrasi publik pemerintah federal setelah sektor publik itu mengalami kontraksi akibat penurunan aktivitas pada April yang dipicu oleh aksi mogok kerja oleh para pegawai federal, ungkap badan statistik itu.

Menurut lembaga tersebut, aksi mogok yang dilakukan oleh para pegawai pemerintah federal yang diwakili oleh serikat pekerja Public Service Alliance of Canada yang dimulai pada April telah mengakibatkan kontraksi sebesar 4,3 persen pada administrasi publik pemerintah federal.

PDB riil negara itu pada dasarnya tidak berubah pada April, menyusul kenaikan tipis pada Maret. Ekstraksi minyak dan gas, kecuali pasir minyak, memimpin pertumbuhan dengan ekspansi 2,1 persen pada April setelah awal tahun yang lemah.

Ekstraksi minyak mentah memberikan kontribusi terbesar terhadap kenaikan tersebut mengingat peningkatan produksi di lepas pantai Atlantik Utara Kanada lebih dari sekadar mengimbangi produksi minyak mentah yang lebih rendah di bagian barat. Ekstraksi gas alam, yang dipimpin oleh Provinsi Alberta, terus berkembang, mencerminkan penambahan simpanan gas alam yang berkelanjutan, papar Statistics Canada. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023