Hal ini, mencerminkan Jakarta senantiasa mampu menjadi rumah yang aman serta damai untuk merajut kebersamaan
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Hari Waisak menjadi menjadi momentum untuk merefleksikan diri untuk mengamalkan kebajikan dan menjaga persatuan di tengah keberagaman masyarakat di Jakarta.

"Saya percaya, seluruh umat Buddha mampu berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan nilai-nilai yang diteladankan oleh Sang Buddha," kata Heru dalam Perayaan Dharmasanti Waisak Nasional 2023 di Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu.

Heru menyampaikan rasa syukur karena rangkaian perayaan Hari Raya Waisak dapat terselenggara dengan baik di Kota Jakarta. Hal ini, mencerminkan Jakarta senantiasa mampu menjadi rumah yang aman serta damai untuk merajut kebersamaan dan harmoni dalam moderasi beragama yang selaras dengan tema perayaan tahun ini.

"Apresiasi dan terima kasih ditujukan kepada seluruh pihak atas sinergi dan kontribusi berbagai hal sehingga pada hari ini umat Buddha dapat mengikuti puncak rangkaian perayaan Waisak Nasional melalui kegiatan Dharmasanti," ungkap dia.

Ia juga meminta agar umat Buddha ikut berperan aktif mewujudkan kerukunan dengan selalu menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan. Semangat tersebut menurutnya perlu dijaga sebagai landasan yang kokoh dalam membangun keharmonisan dan toleransi di tengah keberagaman masyarakat Indonesia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Heru, akan mendukung upaya para pemimpin umat Buddha dalam menjembatani dan mempererat hubungan setiap elemen masyarakat demi terwujud Kota Jakarta yang berkelanjutan, aman, dan sejahtera.

Karena itu, Heru mengajak seluruh umat Buddha menjadikan perayaan Waisak sebagai pengingat diri untuk selalu membantu sesama dengan tulus, ikhlas, merajut kebersamaan dan harmoni, agar seluruh umat beragama dapat hidup berdampingan secara rukun dan damai.

"Selamat merayakan puncak rangkaian Hari Raya Waisak tahun 2023 kepada seluruh umat Buddha. Senantiasa perayaan Waisak dapat terus dihayati dengan mengamalkan nilai-nilai Dharma dalam berkehidupan. Semoga berkah Waisak membawa kebahagiaan, kedamaian, dan ketenteraman bagi kita semua," tutup Heru.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Perayaan Dharmasanti Waisak Effendi Hansen Ng mengatakan tujuan diadakan perayaan ini adalah ingin menyatukan dan mempererat hubungan antarumat Buddha dalam bingkai dharma.

 Karena itu, lanjutnya, tema perayaan Dharmasanti Waisak yang diambil adalah ‘Merajut Kebersamaan dan Harmoni dalam Moderasi Beragama’.

"Semoga Perayaan Dharmasanti Waisak Nasional 2023 membawa inspirasi positif bagi seluruh umat Buddha khususnya, dan untuk kerukunan masyarakat, bangsa dan negara pada umumnya. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Kami ucapkan selamat Tri Suci Waisak, semoga berkah Waisak menyertai kita semua," ujar Effendi.
Baca juga: 9 warga binaan Lapas Wanita Kelas IIA Jakarta dapat remisi Waisak
Baca juga: Umat Budha sebar kebaikan dan tuai kebajikan saat Waisak
Baca juga: Umat Buddha rayakan Waisak di Vihara Mahavira Jakarta

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023