Untuk ekspor Sumut yang paling banyak adalah crude palm oil (CPO) dan turunannya.
Medan (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyajikan komoditas dan produk produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ekspor asal Sumut di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).

Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Sumut Yosi, di Medan, Sabtu, mengatakan produk ekspor dan produk-produk UMKM Sumut yang dipamerkan seperti biji kopi, pala, lidi sawit, dan komoditas ekspor lainnya.

"Untuk ekspor Sumut yang paling banyak adalah crude palm oil (CPO) dan turunannya. Juga ada beberapa jenis kopi arabika, kopi robusta, kopi litong sudah banyak diekspor ke Asia, dan ke depan diharapkan akan ada produk hortikultura yang diekspor," ujar Yosi.

Yosi menuturkan, selain komoditas yang diekspor juga ada produk UMKM yang dijual seperti markisa super, keripik, sambal andaliman, ikan salmon, dan ikan saleh.

"Kami juga jual beras 5 kg, ban sepeda motor roda dua merek Swallow dengan berbagai ukuran," kata Yosi.

Dia mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkat kualitas produk dengan melakukan tes produk ekspor di laboratorium, sehingga sesuai dengan kualitas mutu yang disukai negara tujuan.

Ia juga berharap pemprov dan pemerintah daerah dapat bekerja sama, sehingga terjalin hubungan yang baik untuk memajukan produk Sumut.

"Dengan kerja sama itu akan terjalin sinergi dengan petani dan dapat memajukan Sumut ke depan," katanya pula.
Baca juga: Pekan Raya Sumatera Utara kembali digelar setelah vakum tiga tahun
Baca juga: Pemprov gelar Pekan Raya Sumatera Utara sebulan penuh mulai 16 Juni

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023