PLN terus berupaya memperkenalkan dan memasarkan produk-produk mitra binaan PLN untuk menjangkau pasar lebih luas.
Medan (ANTARA) - MJ Coffee binaan dari PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) laris manis di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 49 Tahun 2023 yang digelar di Kompleks PRSU Jalan Gatot Subroto Medan, dari tanggal 16 Juni hingga 17 Juli.

Gelaran PRSU ke-49 bertemakan "Berikan Citra Terbaikmu", diikuti 33 kabupaten/kota di Sumut. Pengunjung disuguhkan berbagai produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), seperti kerajinan hingga makanan olahan khas daerah Sumut.

"PLN terus berupaya memperkenalkan dan memasarkan produk-produk mitra binaan PLN untuk menjangkau pasar yang lebih luas," kata General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid, dalam keterangan diterima, di Medan, Jumat.

Dalam gelaran tersebut, MJ Coffee salah satu mitra binaan rumah BUMN Padang Sidimpuan turut meramaikan pesta rakyat yang digelar selama satu bulan penuh tersebut.

Awaluddin menyebutkan PLN terus mendorong peningkatan kualitas para mitra binaan rumah BUMN. Dalam memasarkan produk mitra binaan rumah BUMN tersebut, PLN telah menyediakan aplikasi marketplace yang telah terintegrasi melalui aplikasi PLN Mobile.

Melalui fitur marketplace seluruh produk mitra binaan rumah BUMN dapat dibeli oleh siapa pun.

"Hal ini menjadi peluang bagi para mitra binaan untuk memasarkan produknya tidak hanya pasar lokal, melainkan pasar nasional," ujar Awaluddin.

Nanang, pemilik MJ Coffee mengatakan pengalamannya menjadi salah satu pelaku UMKM terpilih dalam menyediakan kopi khas asal Sipirok. Dalam memenuhi permintaan para pencinta kopi sejak pembukaan pesta rakyat tersebut, harus menyeduh ratusan cup kopi dalam sehari.

Ia menyebutkan tingginya antusias para pecinta kopi asal Sipirok di gelaran PRSU ini, sering menerima orderan rata-rata 250 cup kopi bahkan pernah mencapai 400 cup kopi seduh dalam sehari.

"Tidak hanya itu, penjualan kopi bubuk kemasan hingga saat ini telah ludes terjual sebanyak 270 bungkus," ujarnya pula.

​​​​​​​Nanang menambahkan, penjualan kopi bubuk kemasan berpotensi mengalami peningkatan hingga penutupan PRSU pada tanggal 17 Juli 2023.
Baca juga: Pemprov undang investor menawarkan peluang unggulan investasi di Sumut
Baca juga: Disperindag sajikan komoditas ekspor asal Sumut di PRSU

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023