Merak (ANTARA) -
PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Utama Merak menyebutkan aktivitas arus balik dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung sejak siang hingga malam hari relatif normal dan berjalan lancar.
 
General Manager PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Utama Merak Suharto di Merak, Sabtu, mengatakan pihaknya hingga kini aktivitas pelayanan arus balik Pelabuhan Merak - Bakauheni relatif normal dan berjalan lancar juga tidak terjadi antrian panjang.
 
Seluruh kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak bisa langsung diseberangkan menuju Bakauheni, Lampung.
 
ASDP Cabang Utama Merak mengoptimalkan enam dermaga antara lain satu Dermaga Eksekutif dan lima Dermaga Reguler.
 
"Kami menilai pelayanan di Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung relatif normal dan berjalan lancar pada hari Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah," kata Suharto.
 
Berdasarkan data arus balik selama 24 jam sepanjang Jumat (30/6) dari Posko Pelabuhan Merak pergerakan penumpang H+1 Idul Adha tercatat 34.296 penumpang terdiri dari penumpang pejalan kaki 2.454 orang dan penumpang di atas kendaraan 31.842 orang.
 
Sedangkan, jumlah kendaraan tercatat 7.820 unit terdiri dari roda dua 1.269 unit,roda empat 4.159 unit, bus 274 unit dan truk 2.118 unit.
 
Selain itu kapal Ferry yang dioperasikan sebanyak 29 armada dengan 99 trip pulang pergi (PP) Merak-Bakauheni, Lampung.
 
"Kami menjamin pemudik arus balik dari Merak - Bakauheni maupun sebaliknya Bakauheni -Merak normal dan lancar,"katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan ASDP Cabang Utama Merak juga menyiapkan sebanyak 13 unit vending machine untuk boarding dan check-in tiket penumpang, terdiri dari 8 unit layanan reguler dan 5 unit layanan eksekutif.
 
Sedangkan, sebanyak 15 unit loket toll gate untuk boarding dan check-in tiket kendaraan, yang terdiri dari 8 unit loket roda empat atau lebih, 2 unit loket kendaraan roda dua, dan 5 unit loket eksekutif.
 
Selain itu juga pihaknya telah memasang 136 unit CCTV yang tersebar di seluruh area Pelabuhan Merak untuk mengantisipasi antrean panjang.
 
"Kami menyediakan lahan untuk area parkir dan bisa menampung kendaraan kecil sebanyak 5.349 unit agar tidak terjadi antrian panjang,"katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, sejumlah penumpang di lokasi Dermaga Eksekutif Merak mengaku bahwa mereka perjalanan dari Jakarta sampai Pelabuhan Merak lancar dan tidak terjadi antrian kendaraan.
 
"Kami sendiri sekarang tinggal menunggu giliran kendaraan ke atas kapal di Dermaga Eksekutif menuju Bakauheni, Lampung,"kata Desi (40) saat ditemui di Pelabuhan Merak.


Baca juga: ASDP perlakukan momen Idul Adha sama dengan mudik Lebaran

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023