Jumlah total kontingen Sulbar sebanyak 118, yang terdiri atas  47 orang peserta, 28 peninjau dan 43 pendukung
Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Barat mengirim 47 peserta pada ajang Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Marah Remaja (PMR) tingkat nasional yang berlangsung di Lampung pada 2-10 Juli 2023.
​​​​​
​​​​Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris, saat melepas kontingen Jumbara PMR Provinsi Sulbar, di Mamuju, Sabtu, menyampaikan apresiasi atas keterlibatan PMR Sulbar pada kegiatan nasional tersebut.

Kegiatan tersebut, kata dia, menjadi ruang bagi Sulbar dalam bertukar pengetahuan dengan para peserta dari seluruh Indonesia serta sejumlah negara sahabat yang juga mengikuti kegiatan itu.

"Diharapkan, keberadaan kontingen Sulbar dapat bertukar pengetahuan dengan semua provinsi yang menjadi peserta termasuk peserta dari beberapa negara. Hal ini juga untuk meningkatkan pengetahuan mereka di palang merah," kata Muhamad Idris.

Sementara itu Bendahara Umum PMI Sulbar Safaruddin Sanusi menyampaikan, PMI Provinsi Sulbar pada pelaksanaan Jumbara PMR Nasional tahun 2023 mengirim 118 kontingen, dengan rincian, peserta sebanyak 47 orang, 28 peninjau dan 43 pendukung.

"Jadi, jumlah total kontingen Sulbar sebanyak 118, yang terdiri atas  47 orang peserta, 28 peninjau dan 43 pendukung," katanya.

Ia berharap kontingen Sulbar yang banyak dari kalangan pelajar dan siswa tingkat SMP hingga SMA dari enam kabupaten, dapat memperluas wawasan melalui kegiatan tersebut.

Terutama, kata dia,  dalam hal kebencanaan, mengingat Provinsi Sulbar adalah wilayah rawan bencana, sehingga penting bagi PMR mengetahui kondisi daerahnya.

"Diharapkan, dengan ini anak-anak anak kita terbuka wawasannya mengenai palang merah dan pengetahuan tentang kebencanaan di daerah.
Itu akan diperlukan," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar itu.

Jumbara PMR Tingkat Nasional IX/2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada 2-10 Juli 2023 diikuti sekitar 4.200 peserta dari seluruh PMI provisi se-Indonesia.

Kegiatan itu dihadiri perwakilan dari sejumlah negara sahabat di antaranya Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Italia, Tiongkok dan Timor Leste.

Baca juga: Sekjen PMI: Jumbara sebagai ajang menumbuhkembangkan jiwa kesukarelaan

Baca juga: Wapres Kalla harap Jumbara optimalkan kontribusi PMR

Baca juga: 141 personel PMR Kontingen PMI Jabar diberangkatkan ke Lampung

Baca juga: 41 siswa terpilih wakili Jatim di Jumbara PMR tingkat nasional

Pewarta: Amirullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023