Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap kegiatan lomba lari berjarak 21 kilometer atau LPS Monas Half Marathon dapat menjadi kegiatan berkelanjutan di DKI Jakarta.

"Semoga kegiatan ini berjalan sukses di Jakarta, sehingga level jarak berlari dapat ditingkatkan dan dapat secara berkesinambungan dilaksanakan di Jakarta," kata Heru dalam keterangan tertulisnya saat melepas ribuan pelari yang menjadi peserta LPS Monas Half Marathon 2023 di Monas, Jakarta Pusat, Minggu.

Menurut Heru, kegiatan ini bisa menjadi ajang bagi para atlet atau calon atlet nasional untuk mengasah kemampuannya.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat mempromosikan Kota Jakarta karena banyaknya peserta mancanegara yang ikut dalam kegiatan LPS Monas Half Marathon 2023.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) bidang Investasi dan Kemaritiman (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah menginginkan olahraga atletik terus maju di Indonesia.
 
Karena itu, pemerintah mendukung berbagai kegiatan maraton di tanah air seperti kegiatan menarik di Bali dan Borobudur yang diikuti puluhan ribu pelari.
 
"Kita sekarang coba di Jakarta. Nanti kita coba lagi dibuat di daerah mana. Sehingga promosi kita jalan. Semoga kegiatan LPS Monas Half Marathon ini dapat berjalan setiap tahun, sehingga bisa meningkat menjadi full marathon," kata Luhut.
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat melepas ribuan pelari yang menjadi peserta LPS Monas Half Marathon 2023 di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/7/2023). (ANTARA/Ho/PPID DKI Jakarta)


Lebih lanjut, Luhut menyebut bahwa kualitas udara yang baik dan bersih menjadi syarat utama untuk mendukung kegiatan marathon. Oleh karena itu, Luhut berdiskusi dengan Heru untuk mempercepat pertumbuhan populasi motor dan mobil listrik di Kota Jakarta.

"Karena orang tidak mau lari kalau kualitas udaranya tidak baik. Orang berlari harus aman," jelas Luhut.
 
Turut mendampingi Heru antara lain Menteri Koordinator (Menko) bidang Investasi dan Kemaritiman (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohammad Hasan.

LPS Monas Half Marathon bertema "Restart for Change" tersebut dimulai pukul 05.00 WIB dan dimulai dari Monas hingga garis finish di Gelora Bung Karno.
 
Sekitar tujuh ribu pelari mengikuti ajang tersebut untuk memenangkan total hadiah hingga Rp992 juta.

Baca juga: PJ Gubernur DKI: Mobil listrik dinas sudah masuk proses pengadaan

Baca juga: Jakarta gelar LPS Monas Half Marathon pada 2 Juli

Baca juga: Triyaningsih dorong atlet junior lampaui rekor lari marathonnya


 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023