Jakarta (ANTARA) - Persatuan Jaksa Indonesia (PERSAJA) mengelar kegiatan "PERSAJA Creative UMKM Expo and Charity Concert" diikuti 49 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai wilayah Indonesia yang mempromosikan produk-produk unggulan-nya.

PERSAJA Creative UMKM Expo dibuka oleh Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung RI Amir Yanto di The Kasablanka Hall, Jakarta, Sabtu (1/7).

"Mereka (UMKM) adalah tulang punggung ekonomi kita dalam menciptakan kesempatan kerja, merangsang kegiatan ekonomi, dan menumbuhkan budaya kemandirian dan ketahanan," kata Amir Yanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Amir Yanto yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat PERSAJA mengatakan kegiatan PERSAJA Creative UMKM Expo and Charity Concert sebagai rangkaian memeriahkan kegiatan HUT Ke-72 PERSAJA dan menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 yang diperingati setiap tanggal 22 Juli.

Kegiatan yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM ini menampilkan produk-produk unggulan dari 49 UMKM seluruh wilayah Nusantara, di antaranya DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Tidak hanya itu, hadir juga UMKM binaan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang dan Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu.

"Betapa hebatnya produk unggulan anak-anak bangsa yang telah memberikan kontribusi besar dalam penguatan ekonomi," ujar Amir Yanto.

Baca juga: Pertamina perluas pasar UMKM binaan lewat Kebumen International Expo

Baca juga: Majukan UMKM, Pupuk Kaltim hadirkan produk wastra di PaDi Expo


Oleh karena itu, lanjut dia, PERSAJA menyelenggarakan kegiatan Creative UMKM Expo dalam mendukung pelaku UMKM secara nyata untuk mempromosikan produk unggulan-nya.

Menurut Amir Yanto, acara tersebut sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam melaksanakan program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo terkait penyelenggaraan kegiatan yang berdampak positif dalam perekonomian nasional.

Dalam Sidang Tahunan MPR 16 Agustus 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan jumlah UMKM yang masuk ekosistem digital dapat meningkat menjadi 30 juta UMKM pada 2024 dari 19 juta UMKM saat ini.

Presiden Jokowi menekankan pelaku UMKM harus terus didukung agar bisa segera naik kelas.

Selain itu, PERSAJA juga menyelenggarakan konser amal yang menghadirkan musisi Tanah Air seperti Kahitna, GIGI serta Stand Up Comedy Mongol. Konser amal ini sebagai bentuk dukungan terhadap industri kreatif.

Amir Yanto mengatakan hasil dari penjualan tiket konser amal tersebut dimanfaatkan sebagian besar untuk kepentingan sosial seperti bantuan bencana alam, bedah rumah, bagi para pegawai keluarga besar kejaksaan guna mengarahkan potensi menuju jenjang pendidikan berikutnya, serta kegiatan sosial lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat dan anggota.

"Saya berharap momentum ini menjadi ajang membangun jiwa kesetiakawanan, dan kepedulian bagi sesama warga Adhyaksa di manapun berada," harap Amir Yanto.

Baca juga: Kemenko Perekonomian harap produk lokal bersaing di pasar luar negeri

Turut hadir dalam acara tersebut Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang menyampaikan dukungannya atas terselenggara-nya PERSAJA Creative UMKM Expo and Charity Concert.

Heru berharap kegiatan tersebut bermanfaat dalam rangka memberdayakan ekonomi kerakyatan.

Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Reda Manthovani menambahkan, kegiatan PERSAJA Creative UMKM Expo and Charity Concert menjadi saksi nyata PERSAJA dalam mendukung program pemerintah guna percepatan dan pemulihan ekonomi kerakyatan.

"Konser amal menjadi bentuk pengabdian para jaksa yang humanis kepada masyarakat," ujar Reda.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023