Kedai kopi yang berdiri sejak tahun 1936 ini tak memiliki papan nama di sekitar bangunannya
Jakarta (ANTARA) - Mencicipi kopi dan menengok bangunan bersejarah menjadi kegiatan yang dapat pelancong lakukan kala mengunjungi Kota Medan. Hanya saja, tak semua orang memiliki banyak waktu mengunjungi lokasi-lokasi ikonik kota ini.

Bagi mereka dengan waktu cukup terbatas karena kesibukan namun ingin melipir sejenak ke beberapa lokasi ikonik kota, berikut lokasi yang ANTARA rekomendasikan:

1. Ngopi pagi

Menikmati kopi di pagi hari menjadi kegiatan yang dilakukan sebagian warga Medan khususnya kaum adam. Ada sejumlah kedai kopi di kota itu dari yang mengusung menu dan nuansa kekinian hingga jadul alias jaman dulu.

Lupakan sejenak kedai kopi kekinian dan cobalah melipir ke Jl. Padang Sidempuan, di dekat Jl. Cirebon, untuk menikmati kopi susu di Kedai Kopi Sidempuan atau dikenal sebagai Sami Kedai Kopi.

Baca juga: Menjelajah wisata murah di Pantai Moki Maluku Tengah

Kedai kopi yang berdiri sejak tahun 1936 ini tak memiliki papan nama di sekitar bangunannya, namun pelancong bisa melihat sejumlah orang duduk saling berhadapan untuk menyarap terutama di pukul 07.00 hingga 09.00 WIB.

Biasanya kedai dibuka mulai pukul 04.40 hingga 13.00 WIB. Menu kopi yang tersedia di sana antara lain kopi susu dan kopi hitam, menggunakan perpaduan biji arabika dan robusta yang didapatkan dari Sidikalang, Sumatra Utara, lalu diolah sendiri oleh pengelola kedai.
 
Para pengunjung menikmati kopi pesanan masing-masing di Kedai Kopi Sidempuan, Medan. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Selain kopi, pengunjung juga bisa menikmati roti bakar aneka isi, seperti sarikaya, yang menjadi salah satu terpopuler, atau cokelat, mentega, meses, serta telur setengah matang.

Harga satu cangkir kopi susu di Kedai Kopi Sidempuan dibanderol Rp15 ribu, sementara untuk satu porsi roti bakar Rp12 ribu.

Cobalah memilih meja di trotoar untuk sekadar menikmati suasana pagi Medan, sembari melihat kendaraan lalu lalang termasuk becak motor.
Tampak depan Istana Maimun, Medan. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Baca juga: Vietnam jadi destinasi wisata yang diminati pengunjung Indonesia

Baca juga: Perhatikan lima hal sebelum berlibur di masa perjalanan balas dendam

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023