Gerakan dari konduktor sangat detail
Jakarta (ANTARA) - Robot Android bernama EveR 6 tampil sebagai konduktor yang memimpin pertunjukan Orkerstra Nasional Korea Selatan di Seoul pada Jumat (30/6).

Menurut laporan The Daily Star, Sabtu (1/7), robot dengan dua lengan yang pertama kali tampil sebagai pemimpin orkestra di Teater Nasional Korea itu dirancang oleh Institut Teknologi Industri Korea.

Sebelum memulai penampilan, robot dengan wajah menyerupai manusia itu membungkuk untuk memberi salam kepada para penonton, kemudian mulai mengayunkan tangannya untuk mengatur tempo musik selama pertunjukan berlangsung.

Baca juga: Peneliti China latih robot untuk kenali medan

"Gerakan dari konduktor sangat detail," kata Choi Soo-yeoul yang juga memimpin pertunjukan orkestra itu bersama robot EveR 6.

"Robot itu dapat menampilkan gerakan detail lebih baik dari yang saya bayangkan. Tetapi 'kelemahan kritis' EveR 6 adalah dia tidak bisa mendengar," tambah Choi.

Seorang penonton yang mempelajari musik tradisional Korea, Lee Young-ju, mengatakan meskipun EveR 6 dapat menjaga ritme musik dengan sempurna, namun robot tersebut tidak mampu membuat orkestra tampil secara kolektif dan cepat, yang menurutnya sangat penting dalam sebuah pertunjukan.

Seorang penonton lainnya bernama Song In-ho yang berusia 62 tahun mengatakan penampilan EveR 6 terlihat masih berada di tingkat dasar.

"Saya rasa robot itu mampu memimpin semua dengan sendirinya jika dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan untuk memahami dan menganalisa musik," kata Song.

Robot yang menyerupai manusia itu memimpin tiga dari lima bagian pertunjukan yang ditampilkan pada Jumat malam (30/6) di mana salah satunya dipimpin bersama dengan Choi.

"Ini adalah penampilan yang menunjukkan bahwa (robot dan manusia) dapat berdampingan dan saling melengkapi satu sama lain, bukan menggantikan satu dengan yang lainnya," kata Choi setelah konser itu.

Baca juga: Bolt kirimkan makanan dengan robot kecil

Baca juga: Kontes Robot Indonesia 2023 lombakan robot bawah air

Baca juga: Robot karya Fakultas Teknik Unej lolos ke final KRI 2023

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023