Jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara yang diberangkatkan 123 orang dan 12 orang di antaranya lansia, seluruh jamaah calon haji itu dalam kondisi sehat.
Penajam (ANTARA) -
Jamaah haji lanjut usia asal Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang kini berada di Mekkah, Arab Saudi, dilaporkan dalam kondisi sehat dan mengaku merasa nyaman dan beraktivitas lancar setiap waktu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Nurbayah di Penajam, Minggu mengatakan menerima laporan bahwa seluruh jamaah haji daerah itu dalam kondisi sehat.
 
"Saya dapat informasi langsung dari Tanah Suci Mekkah melalui petugas, melaporkan bahwa semua jamaah sehat dan ibadah berjalan lancar sesuai jadwal," ucapnya.
 
Jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara yang diberangkatkan 123 orang dan 12 orang di antaranya lansia, seluruh jamaah calon haji itu dalam kondisi sehat.
 
Kondisi jamaah haji tersebut diketahui berdasarkan laporan yang dikirim oleh Petugas Haji Daerah (PHD) dari Tanah Suci Mekkah.
 
Namun, sebelumnya dilaporkan dua jamaah haji lansia Kabupaten Penajam Paser Utara sempat dirawat di rumah sakit Arab Saudi karena kondisi kesehatan yang menurun setelah melakukan Sa'i atau berjalan dan berlari-lari kecil dari Safa ke Marwah, tujuh kali bolak-balik.
 
"Kondisi jamaah lansia menurun tidak hanya usia, tapi juga cuaca yang cukup panas di Arab Saudi saat ini," jelasnya.
 
"Kondisi kedua jamaah lansia itu cepat pulih dan sudah bisa mengikuti rangkaian ibadah lainnya," tambahnya.
 
Saat ini dipastikan semua jemaah haji dalam keadaan sehat, merasa nyaman dan beraktivitas lancar setia waktu, kendati cuaca cukup panas.
 
"Ada lansia yang pakai kursi roda, semua terus mengikuti rangkaian ibadah haji dan tidak mengeluh walau cuaca cukup panas" ujarnya.
 
Pelayanan yang diberikan kepada jamaah haji memuaskan sehingga mereka juga merasa senang, dan diharapkan jamaah bisa menyelesaikan rangkaian ibadah haji dalam kondisi sehat hingga kembali ke Tanah Air, khususnya ke Kabupaten Penajam Paser Utara, demikian Nurbayah.
Baca juga: Jamaah haji Kabupaten Penajam dalam kondisi sehat kendati cuaca panas
Baca juga: Dinkes Kaltim ingatkan calon haji perbanyak minum air putih
Baca juga: Pemprov Kaltim serahkan hibah peningkatan sarana haji kepada Kemenag

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023