Surabaya (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mencatat sebanyak 126.861 orang tiba di Kota Pahlawan di akhir libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah.

Manajer Humas KAI Daop 8 Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Minggu, mengatakan, sejak Senin (26/6) hingga Minggu (2/7), total pelanggan yang berangkat dari wilayahnya sebanyak 126.570 orang, meningkat 11 persen dibanding periode yang sama minggu sebelumnya yang tercatat 114.027 pelanggan.

"Jumlah pelanggan masih bisa terus bertambah karena penjualan tiket secara daring dan penjualan tiket masih berlangsung," katanya.

Para pelanggan tersebut didominasi dengan kereta api tujuan arah Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan Jember, Banyuwangi.

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya catat 22.588 penumpang kereta pada Selasa

Sementara, untuk stasiun keberangkatan kereta api jarak jauh tertinggi selama masa libur Idul Adha 1444 Hijriah, terjadi di Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 39.353 pelanggan, diikuti Stasiun Surabaya Pasar Turi 35.526 pelanggan, Stasiun Malang 19.798 pelanggan dan stasiun lain di wilayah Daop 8 Surabaya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pelanggan kereta api atas kepercayaannya telah menggunakan transportasi kereta api selama masa libur panjang Idul Adha.

"Hal ini menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api," ucapnya.

Menurut dia, KAI senantiasa berkomitmen untuk menciptakan perjalanan yang selamat, aman, dan nyaman bagi para pelanggan.

Tidak hanya itu, kata dia, pihaknya juga akan terus beradaptasi dalam menciptakan kenyamanan serta menghadirkan berbagai inovasi untuk terus memenuhi kebutuhan pelanggan dalam menggunakan transportasi kereta api.

"Dengan begitu, diharapkan animo masyarakat semakin tinggi menggunakan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman dan sehat," ujar Luqman Arif.

 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023