Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Festival Danglung Kreasi 2023 yang digelar di Desa Klanting, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, merupakan salah satu cara untuk melestarikan kesenian khas kabupaten setempat, kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Lumajang Paiman.

"Musik Danglung adalah kesenian tradisional khas Lumajang yang sudah dikenal sejak tahun 1950-an. Kesenian tersebut merupakan perpaduan antara etnis Jawa dengan Madura," kata Paiman dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Minggu.

Baca juga: Festival budaya Reog Ponorogo masuk KEN 2023

Sejumlah peserta terlihat memainkan alat musik tradisional pada Festival Danglung Kreasi 2023 di Lapangan Desa Klanting, Kecamatan Sukodono.

"Saya berpesan kepada generasi muda agar terus melestarikan kesenian Danglung yang memiliki nuansa kearifan lokal karena kesenian yang merupakan perpaduan antara etnis Jawa dengan Madura tersebut telah menjadi kesenian khas Kabupaten Lumajang," tuturnya.

Paiman berharap adanya festival itu membuat generasi muda di Kabupaten Lumajang bisa terus menjaga dan melestarikan kesenian Danglung.

Baca juga: DKJ ingin beri ruang lebih luas untuk pemusik tradisional

"Saya ucapkan terima kasih kepada para pemuda Desa Klanting yang sudah menggelar acara festival tersebut dan hal itu sebagai salah satu cara untuk tetap melestarikan kesenian Danglung," katanya.

Ia menjelaskan, ciri khas dari kesenian Danglung adalah terdapat beragam instrumen musik seperti gong, kendang, saronen, kentongan, jidor, dan gamelan yang biasanya dimainkan untuk mengiringi berbagai pentas kesenian khas Lumajang seperti Jarankencak, Tari Topeng Kaliwungu, dan Tari Glipang.

Menurut dia, musik Danglung telah berakar dan telah dikenal sejak tahun 1950-an dan dimainkan pertama kali oleh kelompok seniman lokal dari Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang.

Baca juga: Gegesik Kreatif Festival hidupkan kesenian Cirebon

"Dengan adanya Festival Danglung Kreasi 2023 tersebut diharapkan generasi muda khususnya pelajar akan lebih mencintai kesenian daerahnya dan bangga terhadap budaya Indonesia, serta dapat menjadi aset pariwisata Lumajang yang dapat membangkitkan ekonomi masyarakat," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023