Jakarta (ANTARA) - Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) menerjunkan 80 personel dan 16 kendaraan pemadam untuk menjinakkan kobaran api pada insiden kebakaran yang terjadi pada bangunan rumah tinggal di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu malam.

Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaiman saat dihubungi pada Minggu menjelaskan bahwa insiden kebakaran dengan lokasi di Depan Mall Citra Klender itu diketahui melalui laporan warga sekitar yang menghubungi suku dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) pukul 20.15 WIB.

"Dinas Gulkarmat telah mengirimkan sebanyak 16 unit mobil pemadam dan 80 personel untuk melakukan proses pemadaman yang dimulai sejak 20.32 WIB." kata Gatot.

Ia mengatakan, saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Namun ada dugaan, api muncul dari arus pendek listrik pada kabel di lokasi kejadian.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Gulkarmat masih berupaya melakukan proses pemadaman, melokalisir perambatan api hingga proses pendinginan.
 
Di sisi lain, kebakaran yang terjadi di dekat rel kereta api itu berimbas pada perjalanan KAI Commuter yang tertunda untuk sementara.

"Terdapat kebakaran di area pemukiman warga antara Stasiun Klender dan Stasiun Buaran, untuk perjalanan KA saat ini masih menunggu aman sehubungan masih dalam proses evakuasi. Kami mohon maaf atas ketidaknyamannya," demikian pengumuman tertulis KAI Commuter.

Baca juga: Sekretaris DPRD DKI tegaskan laporan kebakaran gedung tidak benar

Baca juga: Ahli sarankan lima langkah solusi kebakaran di Jakarta Barat

Baca juga: Kerugian akibat kebakaran selama Ramadhan di DKI capai Rp14 miliar

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023