Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok yang diunggah 28 Juni 2023 menunjukan bangunan sekolah yang terbakar dan di depannya terdapat tulisan SD Negeri 175 | VI.

Dalam video tersebut, narator menyebutkan bahwa SD tersebut dibakar seorang siswa karena sang pacar ditampar oleh kepala sekolah.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“gara-gara nayla ditampar kepala sekolah cowonya pun bakar sekolah”

Namun, benarkah SD di Jambi dibakar seorang siswa karena kesal pacarnya ditampar kepala sekolah?

 

Video yang menyatakan SD 175 Jambi dibakar oleh siswanya karena sang pacar ditampar kepala sekolah. Faktanya, sumber api diduga berasal dari bakaran sampah. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, unggahan video TikTok tersebut serupa dengan unggahan YouTube JAMBI28 TV yang berjudul “Bangunan SDN 175 Kota Jambi Ludes Terbakar” yang diunggah pada 18 Desember 2020.

Dilansir dari ANTARA, berdasarkan saksi mata warga setempat yang mengetahui awalnya kebakaran itu, menyatakan sumber api diduga berasal dari bakaran sampah yang ada dibelakang gedung sekolah dan tidak diketahui penyebabnya api kemudiuan menjalar dan membakar bangunan SDN 175/IV tersebut.

Namun, pada 12 Desember 2021 sekolah tersebut telah selesai dibangun kembali, dilansir dari Tribun.

Dengan demikian, video yang menyatakan SD Negeri 175/VI Jambi terbakar karena siswa yang marah pacarnya ditampat merupakan keliru.

Klaim: SD di Jambi dibakar siswanya yang marah pacarnya ditampar

Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Imbauan hindari Priok karena kerusuhan usai kebakaran

Cek fakta: Misinformasi! BBM akan langka karena kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Baca juga: Kualitas udara New York bisa memburuk karena kebakaran hutan di Kanada

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023