Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor menerima Brevet Kehormatan Berkuda dari Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) Mayjen TNI Yanuar Adil.

Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Senin, menyebutkan Sahbirin menerima brevet tersebut saat berkunjung ke Markas Komando Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav) Bandung.

Baca juga: Gubernur DKI: JIEPP sarana lahirkan atlet berkuda nasional

Mayjen TNI Yanuar Adil menuturkan, Sahbirin memperoleh kualifikasi Brevet Berkuda Yudha Turangga Wiratama karena dianggap menguasai berbagai keterampilan tempur berkuda.

Diketahui, Sahbirin menjadi gubernur pertama di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut, sementara itu pejabat pemerintah yang menerima brevet serupa, antara lain Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca juga: Sumatera Selatan targetkan bangun venue berkuda di JSC

Yanuar menjelaskan, keterampilan tempur berkuda meliputi tiarap kuda, menembak dari atas kuda, menembak saat kuda berlari, memanah dari atas kuda, tebas sasaran dari atas kuda, mengambil ransel dan senapan dari atas kuda, melompati rintangan alam atau buatan, dan melompati rintangan api.

Yanuar menambahkan, Gubernur Kalsel juga menjadi warga kehormatan Kavaleri TNI AD karena menunjukkan dedikasi dan peran penting memajukan Kalimantan Selatan.

Baca juga: Gubernur ingin sekolah berkuda didirikan di NTB

Sementara itu, Sahbirin menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar TNI terutama Kavaleri TNI AD.

"Ini adalah momen yang luar biasa bagi saya, dan saya berjanji akan terus mendukung dan memperjuangkan kemajuan serta kehormatan Kavaleri dalam setiap langkah yang saya ambil. Terima kasih, Mayjen TNI Yanuar Adil, atas kepercayaan dan penghargaan ini,” tutur Gubernur Kalsel yang biasa disapa Paman Birin itu.

Baca juga: Natasha termotivasi usai hasil apik di kejuaraan equestrian Belanda

Paman Birin juga menyampaikan, kegiatan ini menunjukkan sinergi antara TNI AD dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam membangun kerja sama yang erat untuk meningkatkan keamanan dan ketahanan nasional.

"Semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk memperkuat pertahanan negara dan memajukan kavaleri Indonesia ke depan," ungkap Paman Birin. ***3***

Baca juga: Polda Sumut terjunkan polisi berkuda untuk pengamanan F1 Powerboat
Baca juga: Indonesia juarai kompetisi panahan berkuda di Qatar
Baca juga: Ketua KONI Jakarta targetkan Jakarta juara umum cabor berkuda di PON

Pewarta: Imam Hanafi/syamsuddin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023