Berkuda

Gubernur DKI: JIEPP sarana lahirkan atlet berkuda nasional

Gubernur DKI: JIEPP sarana lahirkan atlet berkuda nasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama para pemenang gelaran FEI Jumping Challenge 2022 di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Minggu (27/6/2022). (HO/Dok Equinara Horse Sport)

Saya senang dan bangga melihat semangat para peserta yang datang dari berbagai provinsi untuk berkompetisi
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini keberadaan Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) menjadi salah satu sarana yang melahirkan atlet berkuda nasional yang bisa mengharumkan nama bangsa.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri "Federation Equestrian International (FEI) Jumping Challenge 2022" yang diselenggarakan oleh Equinara Horse Sport, di JIEPP, Jakarta, Minggu, 26 Juli 2022, dalam rangka memperingati HUT ke-495 Jakarta.

"Saya senang dan bangga melihat semangat para peserta yang datang dari berbagai provinsi untuk berkompetisi. Terlebih antusias warga Jakarta yang semakin menyambut baik olahraga berkuda equestrian ini," kata Anies, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: DKI bersama IPB kembangkan olah raga berkuda secara saintifik

Anies sangat mengapresiasi terselenggaranya acara berkelas dengan standar regulasi internasional seperti itu yang mendapat sambutan luar biasa dari para atlet dan warga Jakarta.

Bahkan, Gubernur menyebut JIEPP sebagai salah satu fasilitas olahraga equestrian atau berkuda yang terlengkap di Asia.

Ajang itu juga merupakan simulasi untuk Asian Games 2022, Hangzhou, yang akan diselenggarakan pada tahun 2023.

Dalam acara ini, pada peserta memperebutkan Piala Gubernur DKI Jakarta untuk kelas paling bergengsi dengan tinggi rintangan 130 dan 145 cm.

Pada acara tersebut, Gubernur DKI Anies Baswedan yang langsung menyerahkan piala dan medali penghargaan kepada para pemenang dari dua kelas paling bergengsi.

Baca juga: Pordasi siapkan atlet berkuda untuk Asian Games Hangzhou

Juara pertama masing-masing kelas, yakni 130 cm adalah Agung Riyanto (Bosco - Branchto Stable), dan Kelas 145 cm adalah Marco Wowiling (Equinara Horse Sport).

Sebagaimana diketahui, JIEPP yang digunakan untuk arena Asian Games 2018 itu kini telah ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata Kota Jakarta.

Perlombaan itu diikuti oleh 182 kuda (504 entries) dengan peserta dari 27 klub yang berasal dari tujuh provinsi, yakni DKI, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Lampung, dan Sumsel.

Sementara itu, Inisiator Acara (Honorary President) Adinda Yuanita mengatakan internasional ofisial dari empat negara diundang sebagai bentuk keseriusan dan upaya peningkatan kualitas pertandingan.

Yakni, Thorsten Wittenberg (Senior Trainer - Longines World Academy Equestrian, Germany), Waldo Yeh (Judge L-3 FEI asal Taiwan), Ramin Shafiee (Technical Delegate Asian Games 2022, Iran), dan Mr. Nai Yue H (President of Ground Juri L-3 asal Singapore).

Baca juga: PP Pordasi rilis kalender kejuaraan pacuan kuda pada tahun 2022

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar