Jakarta (ANTARA) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta Hidayat Humaid menargetkan DKI Jakarta sebagai juara umum untuk cabang olahraga berkuda di Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumatera Utara pada 2024.

Hal itu disampaikan Hidayat Humaid usai menghadiri jumpa pers Longines World Equestrian Academy 2023 (LWEA) yang bertempat di Equinara Academy, Jakarta International Equistrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta, Kamis.

"Tentunya target juara umum (cabor berkuda PON 2024). Harga mati, enggak bisa ditawar-tawar lagi," kata Ketua Umum KONI DKI Jakarta Hidayat Humaid kepada pewarta.

Hidayat Humaid mengatakan bahwa DKI Jakarta kini sedang melakukan persiapan pelatihan daerah (pelatda) menuju PON untuk cabang olahraga berkuda yang sudah dimulai sejak Juli 2022 tahun lalu.

"Kami persiapan dari Juli 2022 sampai acara PON, ini tim untuk lapis persiapan PON. Tapi kami juga ada lapis kedua untuk junior yang dilaksanakan sepanjang tahun. Jadi sesuai visi misi KONI bahwa mengantarkan atlet-atlet DKI Jakarta melalui pengembangan dan pembibitan ke pentas dunia," kata Hidayat Humaid.

Hidayat Humaid juga mengapresiasi acara LWEA 2023 sebagi bentuk program yang dapat meningkatkan kesiapan DKI Jakarta khususnya menuju PON karena salah satu atletnya juga dibina di training camp ini.

"Jadi pertama saya berterima kasih sekali ke Equinara yang sudah menginisiasi training camp. Ini bukti nyata sudah ikut berkontribusi meningkatkan SDM para atlet tentunya. Diantara atlet yang ikut training camp ada juga atlet yang sedang dibina di pelatda dari KONI untuk persiapan ke PON," ungkap Hidayat Humaid.

Longines World Equestrian Academy (LWEA) merupakan program pelatihan sekaligus pembibitan para atlet cabang olahraga berkuda equistrian yang bakal digelar mulai tanggal 16-22 Juni 2023 mendatang.

Dalam LWEA 2023 akan diajarkan berbagai kurikulum pelatihan dari Jerman, sebagai pusat industri equestrian terbaik di dunia, dan kegiatan akan diikuti oleh kurang lebih 27 atlet dari berbagai kategori kelas, seperti Novice Class (50-80cm), E Class (80-100cm), A Class (100-110cm), L Class (110-120cm, MA/MB Class (120-140cm) dan S Class (140-160cm) akan ada banyak ilmu baik teori maupun training yang akan dibagikan oleh coach & scout talent dari Stable Ludger Beerbaum Jerman Thorsten Wittenberg.

Baca juga: Jakarta juara umum biliar PON Papua dengan enam emas
Baca juga: "Ayo bung rebut kembali" juara umum PON ke ibu kota
Baca juga: Ambisi DKI Jakarta jadi juara umum PON XX Papua di tengah pandemi

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023