Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, membuka pendaftaran nikah gratis bagi calon pengantin di wilayah setempat, sebagai upaya mencegah maraknya pernikahan dini, LGBT, nikah siri, dan perzinahan, dengan fasilitas gedung, mobil dan amil ditanggung pemerintah.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Senin, mengatakan, pernikahan gratis terbuka bagi pasangan yang berasal dari daerah ini, keluarga kurang mampu, berusia lebih dari 20 tahun, dan dalam keadaan sehat secara fisik dan mental.

"Bagian dari program pernikahan gratis, termasuk penghulu, saksi nikah, gedung resepsi di gedung Pramuka dan Korpri, layanan katering, mobil pengantin, dan mobil patwal menjadi fasilitas yang dapat dinikmati calon pengantin," katanya.

Baca juga: 100 pasangan tak mampu di Garut-Jabar difasilitas akta nikah gratis

Pendaftaran untuk program pernikahan gratis dapat dilakukan di Gedung Korpri Cianjur, melalui seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga fasilitas yang disediakan dapat menjadikan pernikahan sebagai momen yang berkesan bagi pengantin dan keluarganya.

"Ini dilakukan untuk memastikan bahwa pasangan yang mendaftar memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan dapat mengikuti program dengan layak, termasuk memberikan kesempatan bagi pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan tanpa memikirkan biaya," katanya.

Baca juga: Kemenag sebut fasilitas gerai nikah di MPP Lotte Grosir Bekasi gratis

Bupati Cianjur berharap bahwa dengan adanya kesempatan untuk melangsungkan pernikahan dengan biaya minim, calon pengantin akan memilih menikah secara resmi dan menghindari praktek yang tidak sesuai dengan nilai sosial yang dijunjung tinggi.

Keluarga yang kurang mampu diberikan kesempatan untuk memenuhi syarat dan mengikuti program tersebut, sehingga program nikah gratis tidak hanya memberikan kesempatan bagi pasangan tetapi memberikan dukungan untuk keluarga yang mengalami kesulitan ekonomi.

"Program ini dapat menjadi langkah awal yang positif dalam membangun keluarga yang kuat dan menciptakan masyarakat yang lebih stabil dan harmonis. Untuk saksi nikah saya pribadi yang akan hadir atau diwakili pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur," katanya.

Baca juga: Dukcapil Mataram hentikan program isbat nikah gratis
Baca juga: Puluhan pasangan kawin siri ikuti nikah gratis

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023