Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas) meraih penghargaan internasional di ajang Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2023 melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Taman Sidrap.

Program Taman Sidrap yang merupakan akronim dari "Pertanian Mandiri Sidrap" menjadi pemenang dalam kategori pemberdayaan sosial melalui penilaian yang dilakukan secara online pada Mei 2023, kata Corporate Secretary PT Pertamina Gas, Muhammad Baron di Jakarta, Senin.

Hendra Nasution selaku General Manager Operation East Region PT Pertamina Gas menerima penghargaan tersebut secara langsung dari Richard Tsang, Presiden Enterprise Asia Organization sebagai penyelenggara AREA Awards 2023, serta Head of ESG KPMG Asia Pasific, Dr. Niven Huang di Phnom Penh, Kamboja pada Jumat (30/6/2023).

Baron mengatakan Taman Sidrap diimplementasikan di Pertagas Operation Kalimantan Area. Program ini mengangkat permasalahan pertanian di lahan gambut dengan menciptakan sejumlah inovasi bidang pertanian serta keterhubungan antarkelompok petani.

Menurut Baron, penghargaan tersebut menjadi tolak ukur bagaimana perusahaan afiliasi subholding gas Pertamina ini berupaya terus mengembangkan program-program CSR yang mampu menjawab permasalahan masyarakat khususnya di wilayah operasi.

“Kami bersyukur capaian ini, penghargaan AREA Award ini, merupakan bukti komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program CSR yang mampu menjawab permasalahan di masyarakat. Ini menjadi penyemangat bagi perusahaan untuk terus berkembang dalam implementasi CSR yang lebih baik," ungkap Baron.

Sementara itu, General Manager Operation East Region PT Pertamina Gas Hendra Nasution mengatakan penghargaan ini menjadi pembuktian bahwa implementasi progam yang baik serta kolaborasi antarpihak menjadi bagian yang penting dalam menciptakan inovasi sosial dan pembangunan di wilayah operasi perusahaan.

"Hal ini tentunya meningkatkan hubungan baik antara perusahaan dan seluruh stakeholder dan masyarkat yang menjadi bagian dalam upaya menjaga keberlanjutan perusahaan," ujar Hendra Nasution.

Dalam kegiatan AREA Awards tersebut juga dilaksanakan International CSR & Sustainability (ICS) Summit 2023 dengan tema Sustainability as The Great Equalizer yang memaparkan sejumlah implementasi CSR dan aksi perusahaan multinasional lainnya dalam upaya menjaga keberlanjutan perusahaan.

Baca juga: Pertagas raih 7 penghargaan Top CSR Award 2023
Baca juga: Subholding Gas Pertamina salurkan 368 hewan kurban di wilayah operasi
Baca juga: PT Pertamina Patra Niaga uji coba transaksi LPG 3Kg gunakan KTP

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023