Kita harus menjaga kelestarian hutan, sebab ini menjadi tumpuan daerah karena mendukung secara ekonomi dan ekologis.
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siap memperluas kegiatan penanaman pohon di berbagai daerah untuk memperluas tutupan hutan di daerah ini.

"Kita harus menjaga kelestarian hutan, sebab ini menjadi tumpuan daerah karena mendukung secara ekonomi dan ekologis," ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Senin.

Arinal mengatakan untuk menjaga kelestarian hutan di daerahnya, maka akan dilakukan gerakan penanaman pohon secara luas dan menyeluruh guna meningkatkan tutupan hutan.

"Akan dilakukan penanaman pohon di kabupaten dan kota, lalu instansi vertikal juga, semua wajib menanam pohon agar hutan yang rusak bisa kembali pulih dan kembali ke fungsinya," katanya lagi.

Dia menjelaskan dalam upaya penghijauan dengan penanaman pohon secara luas tersebut, pemerintah daerah akan berfokus menanam tanaman Multipurpose Tree Species (MPTS).

"Jadi penanaman pohon ini akan berfokus ke tanaman yang multifungsi, seperti jengkol, durian. Kabupaten dan kota wajib menanam ini sebab tanaman ini akan memiliki manfaat yang banyak, saat berbuah bisa dinikmati, dijual, dan tanaman bisa menghijaukan lahan," ujarnya pula.

Ia melanjutkan setiap daerah diharapkan dapat memperluas area tutupan hutannya lebih dari 30 persen untuk menjaga keberlangsungan ekosistem dan mengurangi kerusakan lingkungan.

"Jadi keinginannya hutan ini bisa terjaga dan dimanfaatkan secara ekonomi, tapi jangan dijadikan kekuasaan individu, kawasan hutan apabila dikuasai tanpa mempedulikan fungsi hutan akan berbahaya. Sehingga untuk itu setiap wilayah harus ada area hutan di kota juga harus ada hutannya," katanya pula.

Menurut dia, di berbagai zona pemanfaatan tetap harus menjaga kelestarian ekologi, salah satunya dengan melakukan penanaman berselang antara tanaman keras dan tanaman perkebunan.

"Hutan produksi juga harus dijaga dengan cara ada selang 30 meter ditanam tanaman perkebunan atau pertanian, namun ada juga tanaman yang menampung air serta menghijaukan kembali lahan," ujar dia lagi.
Baca juga: Lampung lakukan pengukuran batas hutan
Baca juga: Lampung pacu pengembangan agrowisata, tumbuhkan wisata berkelanjutan

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023