Sentani (ANTARA) - Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Papua mengimbau agar Aparatur Sipil Negara (ASN) mendukung penyelenggaraan Festival Danau Sentani (FDS) XIII.

Sekda Jayapura Hana S. Hikoyabi di Sentani, Senin, mengatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis agar dapat mendukung FDS sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

“Semua OPD wajib terlibat aktif, dalam kurun waktu yang singkat ini berbagai persiapan harus kita tuntaskan di antaranya los-los, toilet, lampu-lampu dan instalasi listrik," katanya

Baca juga: Disparekraf Jayapura sebut FDS 2023 momen pulihkan ekonomi masyarakat

Menurut Sekda, publikasi pariwisata seperti baliho-baliho dan juga kebersihan lingkungan di lokasi kegiatan FDS perlu diperhatikan dengan baik dan dikerjakan.

"Tidak hanya ASN, namun aparat kampung bersama masyarakat diminta turut berpartisipasi aktif guna suksesnya pagelaran budaya FDS XIII," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat di 25 kampung dilibatkan dalam Tarian Isosolo saat FDS

Dia menjelaskan, tema FDS 2023 yakni Sagu Adalah Hidup Ku (Sago is my life), sebagai wujud melestarikan pangan lokal, yakni sagu.

"Hari ini juga kami telah melakukan pembersihan di kawasan Khalkote yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan FDS 2023," katanya.

Baca juga: Pemkab Jayapura harapkan Presiden buka Kongres AMAN dan FDS

Dia menambahkan, kerja bakti pada lokasi FDS agar bersih dan tertata rapih menyambut hari Ha pembukaan kegiatan FDS pada 5/7/2023.

"Pemerintah Kabupaten Jayapura lebih fokus pada promosi budaya lokal yang ada di kampung, sehingga bisa meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata," ujarnya.

Baca juga: Jayapura luncurkan Festival Danau Sentani di Bali
Baca juga: Ribuan warga masyarakat Jayapura padati lokasi Festival Danau Sentani

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023