Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyebutkan, pagelaran budaya Festival Danau Sentani (FDS) XIII direncanakan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno, pada 5 Juli 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Senin, mengatakan, rencana awal pelaksanaan FDS XIII yakni 7-9 Juli, kemudian dimajukan ke 5-7 Juli 2023.

"Hal ini berhubung dengan jadwal kunjungan Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno ke Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2023," katanya.

Baca juga: Disparekraf Jayapura sebut FDS 2023 momen pulihkan ekonomi masyarakat

Menurut Triwarno, tindak lanjut perubahan jadwal tersebut maka pihak Pemkab Jayapura menggelar pertemuan persiapan pelaksanaan FDS XIII di Pantai Khalkote, Kampung Asey Besar Distrik Sentani Timur.

“Kami harapkan pengertian, partisipasi dan dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat guna menyukseskan FDS XIII ini," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat di 25 kampung dilibatkan dalam Tarian Isosolo saat FDS

Dia menjelaskan, penjadwalan disesuaikan dengan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Kabupaten Jayapura untuk berbagai agenda termasuk membuka secara resmi pagelaran budaya FDS XIII.

"Kemenparekraf RI fokus meningkatkan kreativitas masyarakat kampung yang memiliki kekayaan budaya dan kearifan lokal," katanya.

Baca juga: Jayapura luncurkan Festival Danau Sentani di Bali

Dia menambahkan, mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat, maka perlu penataan kebersihan lokasi FDS, tempat parkir kendaraan, jalan masuk serta kondisi lingkungan sekitarnya.

"Kita bangkitkan kembali FDS XIII ini, semua persiapan dimaksimalkan agar memberi nilai tambah pada sektor kerajinan dan UMKM dalam melestarikan nilai budaya dan kearifan lokal guna memajukan pariwisata di Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Baca juga: Ribuan warga Jayapura padati Pantai Khalkote
Baca juga: Ribuan warga masyarakat Jayapura padati lokasi Festival Danau Sentani

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023