Sentani (ANTARA) - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura, Papua siagakan tim Public Safety Center (PSC) 119 pada pagelaran budaya Festival Danau Sentani (FDS) XIII pada 2023.

Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Jayapura, drg. Adi Kurniawan, kepada ANTARA di Sentani, Senin, mengatakan tim PSC 119 akan bertugas sejak hari pertama hingga selesai penyelenggaraan FDS.

"Tim PSC 199 akan siaga di lokasi FDS sejak 5-7 Juli 2023 untuk memberi pelayanan kesehatan bagi wisatawan atau pengunjung," katanya.

Menurut Adi, untuk fasilitas kesehatan rujukan yakni Puskesmas Harapan di Desa Nolokla, Distrik Sentani Timur yang berada dekat dengan lokasi pelaksanaan FDS.

Baca juga: Sekda Jayapura imbau ASN dukung penyelenggaraan FDS XIII

Baca juga: Disparekraf Jayapura sebut FDS 2023 momen pulihkan ekonomi masyarakat


"Jika membutuhkan rujukan lebih lanjut ada Rumah Sakit Umum Daerah Yowari di Distrik Sentani yang selalu siap 24 jam," ujarnya.

Dia menjelaskan tim PSC terdiri atas tenaga perawat, bidan dan dokter serta sopir mobil ambulans dengan jumlah petugas sebanyak delapan orang.

"Ada delapan orang petugas ditambah dua unit mobil ambulans PSC, plus dua ambulans Puskesmas Harapan," katanya lagi.

Dia menambahkan tim PSC 119 merupakan tim cepat tanggap emergensi yang bernama Hasale Hokhoisobo guna penanganan kasus gawat darurat pada wisatawan atau pengunjung FDS.

"Tim ini secara cepat akan memberikan pertolongan pra hospital sebelum melakukan rujukan ke Rumah Sakit," ujarnya lagi.*

Baca juga: Masyarakat di 25 kampung dilibatkan dalam Tarian Isosolo saat FDS

Baca juga: Pawai budaya nasional digelar sambut Kongres AMAN VI di Sentani

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023