Sentani (ANTARA) - Public Safety Center (PSC) 119 Hasale Hakhoisobo Kabupaten Jayapura terus bersiaga pada arus mudik Idul Fitri (Lebaran) 1445 Hijriah 2024 di Bandara Sentani.

Kepala Public Safety Center 119 Hasale Hakhoisobo Kabupaten Jayapura Rachel Kakisina (Ns) di Sentani, Selasa, mengatakan pihaknya bersama karantina bandara selama arus mudik Lebaran 2024, akan bersiaga mengantisipasi kesehatan penumpang yang berangkat maupun datang.

Baca juga: Arus mudik dari Bandara Sentani alami penurunan 10,3 persen

“Jadi, kehadiran PSC di Bandara Sentani untuk membantu karantina mengantisipasi penumpang yang berangkat maupun datang dalam keadaan gawat darurat, kami siap membantu,” katanya.

Menurut Rachel, dukungan personel PSC 119 Hasale Hakhoisobo tidak hanya di Bandara Sentani, tetapi di lima pos pengamanan yang dibuat oleh Polres Jayapura sepanjang jalan protokol Kabupaten Jayapura selama arus mudik Lebaran.

“Jadi, selama arus mudik hingga arus balik personel PSC 119 yang disiagakan berjumlah sembilan orang, di antaranya satu dokter, tujuh perawat dan satu bidan,” ujarnya.

Dia menjelaskan personel PSC 119 Hasale Hakhoisobo akan berjaga bersama dengan aparat gabungan, baik kepolisian, perhubungan, ORARI, RAPI selama 1 x 24 jam.

“Sistem yang kami gunakan itu mobile atau bergerak dari satu pos ke pos yang lain dengan menunggu panggilan informasi gawat darurat, baik dari masyarakat maupun aparat kepolisian yang ingin membantu korban kecelakaan atau penyakit lainnya dengan gerak cepat,” katanya.

Dia menambahkan masyarakat yang membutuhkan pertolongan cepat dapat menghubungi call center 119 dengan bebas pulsa atau gratis.

Baca juga: Arus mudik Natal dan Tahun Baru di bandara Sentani turun

Baca juga: Arus Mudik Lebaran 2023 di Bandara Sentani menurun 19 persen


“Nomor 119 itu langsung terhubung dengan operator kami (PSC) yang selalu bersiaga 1 x 24 jam, untuk dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan pertama atau dibawa ke rumah sakit,” ujarnya.

Public Safety Center 119 Hasale Hakhoisobo merupakan unit kerja di bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura sebagai pusat pelayanan masyarakat yang berhubungan dengan kegawatdaruratan medis yang berada di Kabupaten Jayapura, serta menjadi ujung tombak pemberi layanan untuk mendapatkan respons cepat dan tepat selama 24 jam secara terus menerus.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024