Padang (ANTARA News) - Angin kencang melanda Padang, Sumatera Barat, Selasa, dan menumbangkan banyak pohon besar.

Kepala BPBD dan Damkar Kota Padang Budi Erwanto di Padang mengatakan, hingga sore ini pohon tumbang telah terjadi di lima titik, pada tiga lokasi di antaranya sudah dibersihkan, sementara dua lainnya masih dalam proses pembersihan.

"Pohon tumbang yang terjadi di daerah ini diduga akibat adanya angin kencang, dan juga usia pohon tersebut, meski demikian tidak ada korban jiwa dari kejadian itu," kata Budi.

Pohon-pohon tumbang antara lain terjadi di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan, Jati, Kecamatan Padang Timur, Jalan Perak, Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, kawasan Gor H Agus Salim, dan dua kawasan lainnya di Belimbing, Kecamatan Kuranji.

Pohon tumbang yang terjadi di jalan Perintis adalah pohon dengan jenis inai dengan diameter 20 centimeter, dan menimpa badan jalan, namun tidak menyebabkan arus lalu lintas terganggu.

Kemudian di Jalan Perak, dengan jenis meranti dan diameter 40 centimeter dan tinggi 20 meter, sempat menimpa kabel listrik dan menghambat lalu lintas.

Sementara pohon yang tumbang di Gor H Agus Salim saat ini masih proses untuk dipindahkan oleh dinas terkait.

BMKG Stasiun Ketaping, Sumatera Barat, memang sudah memprediksi akan terjadi angin kencang di daerah itu, dengan kecepatan 10 meter per detik, dan berada di atas normal yang biasanya hanya dua sampai lima meter per detik.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013