Jakarta (ANTARA) - Dewa United Banten memastikan lolos ke semifinal IBL 2023 usai mempecundangi RANS PIK Basketball dengan skor 76-62 dalam gim ketiga atau gim penentuan playoff putaran pertama yang digelar di Sritex Arena Solo, Senin.

Kalah di gim pertama membuat Dewa United mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk mengalahkan RANS PIK di gim kedua dan gim ketiga dengan hampir tak pernah memberikan keunggulan bagi lawan.

Jika pada gim kedua RANS hanya diberikan kesempatan untuk unggul dua poin di awal kuarter pertama, maka pada gim ketiga ini RANS PIK tak pernah diberikan kesempatan untuk memimpin poin.

RANS PIK bahkan hanya mampu mencetak empat poin selama 10 menit kuarter pertama berlangsung, sementara Dewa United membukukan 18 poin.

Pada akhir kuarter kedua dan awal kuarter ketiga, RANS PIK bisa memberikan perlawanan dengan mempersempit selisih skor menjadi satu poin. Namun lagi-lagi Dewa United kembali menunjukkan kualitasnya dengan kembali menjauh hingga 18 poin di babak kedua.

Baca juga: MVP IBL 2023 jatuh pada Kaleb Ramot Gemilang

Di gim ketiga ini pula Kaleb Ramot Gemilang kembali dibungkam oleh RANS PIK dengan hanya mencetak enam poin setelah sebelumnya di gim pertama dia hanya membuat delapan poin, dua gim dengan skor terendahnya sepanjang musim.

Namun, meskipun Kaleb yang merupakan MVP IBL 2023 berhasil diredam oleh RANS, pemain Dewa United lainnya justru tampil bersinar seperti Yan Colome dengan 22 poin dan Kevin Moses 13 poin.

Di pihak RANS PIK, Akeem Ellis dan Akeem Scott masing-masing mencetak 15 poin dan Januar Kuntara 11 poin.

Meskipun kalah di putaran pertama babak playoff IBL, RANS PIK yang baru dua musim mengikuti kompetisi IBL mengalami perkembangan. Pada musim pertama, RANS PIK finis di urutan delapan klasemen IBL dan di musim keduanya meningkat menjadi urutan lima klasemen.

Sedangkan Dewa United berhasil lolos ke babak semifinal IBL 2023 menyusul Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang terlebih dulu memastikan tempat di putaran kedua babak playoff.

Pelita Jaya mengalahkan Bima Perkasa Jogja dua kali secara langsung sehingga berhak lolos ke babak semi final IBL 2023.

Baca juga: Pelita Jaya bawa kemenangan saat lawan Bima Perkasa di Yogyakarta
Baca juga: IBL akan gunakan format home-away di masa datang

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023