Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan kompetisi IBL akan menggunakan format laga kandang dan tandang untuk seluruh pertandingan seperti halnya kompetisi bola basket di Amerika Serikat atau NBA.

"Itu arahnya, jadi kita memproyeksikan tahun depan seluruh formatnya home-away mudah-mudahan. Secepatnya setahun dua tahun ke depan format home-away untuk seluruhnya mulai dari reguler," kata Junas di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan konsep pertandingan kandang dan tandang pada IBL musim ini dimulai pada babak playoff. Kedelapan tim yang lolos playoff akan menggelar pertandingannya secara mandiri di arena basket yang telah ditentukan.

Menurut Junas, laga kandang dan tandang pada playoff IBL ditujukan sebagai transisi sebelum seluruh pertandingan sejak musim reguler dilakukan dengan konsep yang sama di masa mendatang.

"Tapi untuk jangka panjang, ini harus dicoba. Di playoff ini masa transisinya," kata Junas.

Baca juga: IBL jelaskan pertimbangan penentuan laga kandang klub pada playoff

Pada babak playoff IBL 2023, setiap klub sudah memilih arena basket untuk laga kandang. Jika pada musim reguler IBL menjadi penyelenggara seluruh pertandingan, maka di babak playoff tanggung jawab tersebut dibebankan pada manajemen klub.

Junas mengatakan konsep home-away pada IBL ditujukan agar setiap klub basket memperoleh pendapatan tambahan dari penjualan tiket di setiap laga kandang. Pendapatan dari penjualan tiket pertandingan tersebut sepenuhnya untuk klub.

"Apakah biayanya berat? Sudah pasti lebih berat dari seri, tapi investasi supaya pendapatan lebih tinggi lagi. Oleh karena itu kata kunci fans itu penting, kata kunci komersial itu penting," kata dia.

Dia mengatakan bahwa pihak IBL sengaja memulai laga kandang dan tandang di babak playoff musim 2023 sebagai percobaan. "Supaya klub mulai belajar, supaya kalau ada kendala-kendala bisa diperbaiki ke depan," katanya.

Kompetisi bola basket nasional IBL saat ini sudah memasuki babak playoff dengan delapan tim yang akan bertanding. Babak playoff IBL 2023 akan dilaksanakan pada 30 Juni hingga 9 Juli, kemudian dilanjutkan babak semi final.

Kedelapan tim yang lolos babak playoff IBL 2023 adalah Prawira Harum Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Dewa United Banten, Bima Perkasa Jogja, RANS PIK Basketball, Bali United Basketball, dan Bumi Borneo Basketball Pontianak.

Baca juga: Pelita Jaya atasi perlawanan sengit Satria Muda
Baca juga: RANS PIK naik peringkat lima usai kandaskan Satya Wacana

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023