Jakarta (ANTARA) - Pelita Jaya Bakrie Jakarta berhasil mengatasi perlawanan sengit Satria Muda Pertamina Jakarta dalam pertandingan reguler terakhir Indonesia Basketball League (IBL) Tokopedia 2023 di BRItama Arena, Jakarta, Sabtu.

Mengusung semangat revans usai menang di laga final melawan Satria Muda pada IBL 2022, Pelita Jaya tampil sporadis menggempur Satria Muda sejak kuarter pertama.

Pelita Jaya memimpin tujuh angka (9-2) saat laga baru berjalan dua menit berkat aksi dari Muhamad Arighi yang mendulang tujuh poin berturut-turut. Pelita Jaya menutup kuarter pertama dengan skor 27-17.

Di kuarter kedua, Pelita Jaya tampil beringas dan memperlebar margin poin melalui aksi three point dari sang kapten Muhamad Arighi dan Yesaya Alessandro Saudale.

Satria Muda langsung merespon dengan melakukan serangan di bawah kendali Arki Dikania Wisnu dan Elijah Foster. Satria Muda bisa menurunkan margin jadi delapan angka (38-46) di akhir kuarter kedua.

Baca juga: Satria Muda menang atas Bumi Borneo hingga overtime

Di kuarter ketiga penampilan konsisten ditunjukkan Pelita Jaya dengan menahan gempuran Satria Muda dan menutup kuarter dengan margin 60-52.

Pertandingan sengit berlangsung di kuarter keempat, Satria Muda dengan field goals yang lebih baik, dapat menurunkan margin poin. Satria Muda sempat memperoleh momentum di sisa 31 detik terakhir. Saat pemain Satria Muda Widyanta Putra Teja memasukkan dua free throw untuk mengubah margin timnya dengan Pelita Jaya menjadi 75-79.

Pelita Jaya akhirnya mengunci kemenangan melalui three point play dari M. Hardian Wicaksono di sisa waktu 22 detik dan menutup pertandingan dengan skor 82-75.

"Kami mengawali pertandingan dengan permainan yang kuat. Bermain dengan memanfaatkan kemampuan individual setiap pemain. Kami berjuang hingga detik terakhir di pertandingan ini," kata pelatih Pelita Jaya Djordje Jovicic kepada pewarta.

Baca juga: Pelita Jaya kalahkan RANS PIK 83-74

Di kesempatan yang berbeda pelatih Satria Muda Youbel Sondakh mengapresiasi timnya karena dapat bermain baik dalam pertandingan yang berlangsung sengit dan optimistis dapat memberikan yang terbaik ke depannya di babak play-off.

"Kami bisa melewati game yang bagus hari ini. Pastinya akan banyak evaluasi yang dijalani nanti. Tapi kami akan tersedia (optimistis) di babak play-off," kata pelatih Satria Muda Youbel Sondakh.

Pelita Jaya yang menempati peringkat ketiga di klasemen akhir reguler IBL 2023 akan ditantang Bima Perkasa Jogja yang menduduki peringkat lima. Sementara Satria Muda yang berada di peringkat kedua akan berhadapan dengan peringkat ketujuh Bali United.

Baca juga: RANS PIK naik peringkat lima usai kandaskan Satya Wacana

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023