Pembangunan infrastruktur di perbatasan Sambas dan Sarawak sudah maju, termasuk sektor pariwisata karena aksesnya sangat mudah
Pontianak (ANTARA) - Obyek wisata di kawasan perbatasan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat dengan Sarawak, Malaysia seperti di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk dan Sungai Bandong pada momentum hari libur menjadi satu di antara destinasi favorit.

"Kami datang ke area pariwisata perbatasan ini karena ramai dikunjungi dan menarik," kata satu pengunjung, Wulan saat dihubungi di Sambas, Selasa.

"Pembangunan infrastruktur di perbatasan Sambas dan Sarawak sudah maju, termasuk sektor pariwisata karena aksesnya sangat mudah," tambahnya.

Menurutnya, saat di Aruk dia bersama keluarga ke kawasan PLBN Aruk dan Sungai Bandung. Ia mengaku kawasan perbatasan sudah sangat maju karena akses dan pembangunan semakin pesat.

Dari pusat Ibu Kota Kabupaten Sambas untuk ke Aruk, kata dia, hanya butuh sekitar dua jam. Jalan yang mulus dengan status jalan negara membuat daerah tersebut menjadi akses utama ke negara tetangga.

"Ramai yang mandi di Sungai Bandung. Ini sampai antre masuk ke lokasi wisata air terjun tersebut," katanya.

Iko, pengunjung lainnya di Aruk mengaku saat hari libur dan hari besar keagamaan kadang ke kawasan perbatasan.

"Di sini ramai dikunjungi dan saya bersama teman - teman berwisata. Pengunjung bukan hanya dari Sambas tapi juga dari luar daerah," katanya.

Khusus untuk kawasan PLBN Aruk sejumlah fasilitas tersedia bagi wisatawan seperti Wisma Indonesia sebagai tempat penginapan pengunjung. Kemudian di sekitar Wisma ada bangunan gereja, masjid, dan fasilitas umum lainnya yang menjadi ikon di perbatasan.

Selain itu, di kawasan komersial PLBN Aruk, ada pasar wisata dan beberapa gerai yang bisa diperuntukkan bagi kegiatan penunjang pertumbuhan ekonomi di kawasan perbatasan.

Kemudian di destinasi Sungai Bandung, pengunjung bisa mandi bersama keluarga. Kawasan permandian yang cukup luas dengan aliran air pergunungan yang dingin menjadi daya tarik wisatawan.

Selanjutnya, tidak jauh dari kedua destinasi tersebut terdapat juga Air Terjun Riam Merasap. Air terjun tersebut juga selalu menjadi destinasi ke daerah perbatasan. Pengunjung bisa menikmati air terjun dan bisa mandi.


Baca juga: Objek wisata perbatasan jadi primadona di Sambas Kalbar saat Lebaran

Baca juga: Menneg PDT Kunjungi Perbatasan Sambas-sarawak
​​​​​​​

Baca juga: Satgas Pamtas pengamanan pengunjung tempat wisata di perbatasan

Baca juga: Obyek wisata perbatasan masih ramai dikunjugi wisatawan

Pewarta: Dedi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023