Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan Senin (3/7) kemarin mulai dari Presiden gelar Sidang Kabinet Paripurna hingga bertolak ke Sidney, Australia.

 

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

 

1. Presiden ingatkan Kemhan-Polri-BIN-Kejaksaan hati-hati membeli barang

Presiden RI Joko Widodo mengingatkan Kementerian Pertahanan, Polri, Badan Intelijen Negara, dan Kejaksaan Agung agar berhati-hati dalam membeli barang-barang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 

"Yang paling penting ini perlu saya tekankan, hati-hati untuk pembelian barang-barang, ini untuk Kementerian Pertahanan, Polri, BIN, dan kejaksaan karena angkanya saya lihat cukup besar Rp29,7 triliun, sedangkan kalau kita bandingkan ini untuk jalan irigasi, bendungan itu di angka Rp23,5 triliun," ujar Jokowi.

Selengkapnya di sini

 

2. Jokowi tidak mau persaingan politik hambat program pemerintah

Presiden Joko Widodo menegaskan kepada seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju bahwa dirinya tidak menginginkan persaingan politik yang mungkin terjadi dalam Pemilu 2024 menghambat program pemerintah.

 

"Saya ingin menekankan beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita semua, yang pertama fokus dan waspada akan potensi krisis. Utamakan kepentingan masyarakat dan kepentingan nasional, jangan sampai karena ada persaingan politik program pemerintah menjadi terhambat," kata Presiden dalam pengantar pada Sidang Paripurna Laporan Semester 1 Pelaksanaan APBN Tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

 

3. Bamsoet minta pemerintah data WNI imbas kerusuhan di Prancis

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah melalui Kedutaan Besar RI (KBRI) di Paris untuk mendata warga negara Indonesia (WNI) imbas kerusuhan di Prancis sejak Kamis (29/6).

 

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, Bamsoet, sapaan karib Ketua MPR, juga meminta Kementerian Luar Negeri RI memperbaharui data WNI yang berada di Prancis, untuk kepentingan pendataan serta keamanan WNI, di tengah konflik di Paris yang masih terus berlanjut.

 

Selengkapnya di sini

 

4. Presiden bertolak ke Australia hadiri pertemuan pimpinan tahunan

Presiden RI Joko Widodo bertolak ke Australia untuk menghadiri rangkaian Pertemuan Tahunan Ke-8 Pemimpin Australia dan Indonesia di Sydney, Senin.

 

Presiden Jokowi bersama delegasi terbatas, yakni Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno bertolak dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Selengkapnya di sini

 

5. Jokowi tanggapi kekhawatiran SBY soal cawe-cawe

Presiden Joko Widodo menanggapi kekhawatiran Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal cawe-cawe sebagai sikap politis yang dilakukannya menjelang Pemilu 2024.

 

Pandangan SBY yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat soal cawe-cawe itu dituangkan melalui buku berjudul "Pilpres 2024 & Cawe-cawe Presiden Jokowi" yang diluncurkan pada 26 Juni 2023. Buku tersebut ditujukan khusus untuk kader Partai Demokrat.

 

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023