Jakarta (ANTARA) - Timnas bulu tangkis Indonesia menargetkan bisa keluar sebagai juara grup dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia (BAJC) 2023 yang akan berlangsung pada 7-11 Juli di Yogyakarta.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan target tersebut terbilang realistis karena Indonesia berada satu grup dengan negara-negara yang punya kualitas bulu tangkis mumpuni.

"Di kejuaraan ini kita satu grup dengan China dan Vietnam. Saya harap bisa juara grup, apalagi bertemu dengan China yang cukup berat," kata Rionny dalam keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Selasa.

Untuk menyikapi persaingan dalam Grup A tersebut, Pelatnas menurunkan 16 pebulu tangkis junior terbaik yang dimiliki, dengan susunan masing-masing terdiri dari delapan putra dan putri.

Rionny memastikan seluruh anggota skuad beregu campuran Indonesia sudah dalam keadaan baik dan siap bertanding di GOR Amongrogo Yogyakarta.

"Saya lihat persiapan sudah maksimal, baik secara fisik, mental dan semuanya. Dari komposisi pemain seperti Alwi (Farhan), Ruzana dan Mutiara (Ayu Puspitasari), sudah sering turun di level senior dan bisa bersaing. Saya harap mereka bisa memperkuat tim dan menjadi motivator untuk menjadi juara grup lalu nanti lanjut. China cukup berat tapi saya yakin anak-anak punya kemampuan," jelasnya.

Baca juga: PBSI pastikan kesiapan timnas jelang Kejuaraan Junior Asia 2023

Kejuaraan tersebut akan mempertandingkan dua format turnamen, yaitu beregu campuran layaknya Piala Sudirman dan nomor perorangan yang akan dimainkan pada 12-16 Juli.

Pada nomor beregu campuran, sebanyak 14 negara akan ikut meramaikan peta persaingan. Sedangkan pada nomor individu akan ditambah satu negara yaitu Srilanka, yang tidak ikut serta pada kompetisi beregu.

Berikut pembagian grup Kejuaraan Badminton Junior Asia 2023:
Grup A: Indonesia, China, Vietnam
Grup B: Jepang, Taiwan, Singapura, Filipina
Grup C: Malaysia, India, Bangladesh, Hong Kong
Grup D: Thailand, Korea, Uni Emirat Arab

Berikut formasi tim beregu campuran Indonesia pada ajang BAJC 2023:
Putra:
1. Alwi Farhan
2. Muhammad Reza Al Fajri
3. Nikolaus Joaquin
4. Muhammad Al Farizi
5. Dexter Farrell
6. Wahyu Agung Prasetyo
7. Adrian Pratama
8. Jonathan Farrell Gosal

Putri:
1. Mutiara Ayu Puspitasari
2. Ruzana
3. Anisanaya Kamila
4. Az Zahra Ditya Ramadhani
5. Maulida Aprilia Putri
6. Meisa Rizka Fitria
7. Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu
8. Priskila venus Elsadai

Baca juga: 15 negara ramaikan Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia di Yogyakarta

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023