Jakarta (ANTARA) - Pebalap Fernando Alonso menyayangkan penurunan performa dan kecepatan Aston Martin di Grand Prix Austria akhir pekan lalu, setelah ia gagal naik podium untuk ketiga kalinya musim ini.

Setelah meraih enam finis di posisi tiga besar dari delapan balapan pertamanya bersama Aston Martin, pebalap Spanyol itu tidak mampu memberikan penampilan yang sama, sehingga meninggalkan Red Bull dan Ferrari untuk bertarung di posisi terdepan. Di Austria, Alonso finis di posisi kelima, sementara rekan satu timnya, Lance Stroll, berada di posisi kesembilan.

“Sebenarnya tidak ada yang salah dengan mobilnya, tapi kami tidak cukup cepat. Keseimbangannya terasa baik, semuanya terasa baik, tapi kami merasa kesulitan sepanjang akhir pekan,” kata Alonso, dikutip dari laman resmi Formula 1, Selasa.

“Ini juga sama dengan tahun lalu, dimana Aston Martin tidak melaju cukup cepat di Austria, dan Haas juga sangat cepat kali ini, jadi ada semacam kesamaan performa beberapa tim. Kami perlu memahami tren ini ke depannya,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Verstappen tampil dominan dan menangi Sprint GP Austria

Pebalap Spanyol itu menambahkan akan berbicara dan berdiskusi lebih lanjut dengan tim terkait pendekatan apa yang paling sesuai, baik untuk balapan Sprint maupun balapan utama.

“Anda tidak pernah tahu bagaimana pendekatan paling pas di Sprint kali ini, kami sedang mempelajari (mengapa performanya kurang baik). Sehingga pada kesempatan berikutnya, kami bisa lebih siap,” ujar Alonso.

Di sisi lain, Stroll mengatakan dirinya juga siap untuk melakukan evaluasi bersama tim terkait akhir pekan yang berat di Red Bull Ring Austria.

“Saya pikir kita harus memeriksanya, tapi ya, itu bukan hari paling kompetitif buat kami, jadi pasti harus mengerjakan beberapa pekerjaan rumah sebelum balapan selanjutnya,” kata Stroll.

Sementara itu, putaran selanjutnya dari Formula 1 musim ini akan bergulir di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 7 hingga 9 Juli.

Baca juga: Max Verstappen sabet gelar juara Formula 1 GP Austria

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023