Banda Aceh (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh menyatakan sebanyak 393 orang haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-01 dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Rabu (5/7) dini hari.

“Jamaah haji akan tiba sekitar pukul 02.30 WIB dini hari. Jumlah jamaah yang akan tiba sebanyak 393 orang, penuh seat (pesawat),” kata Ketua PPIH Debarkasi Aceh Azhari di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan jamaah haji asal provinsi paling barat Indonesia itu akan mendarat di Tanah Air melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Baca juga: Jamaah haji Aceh diminta tetap jaga kesehatan jelang proses pemulangan

Baca juga: PPIH: Jamaah haji Aceh meninggal dunia di Mekkah jadi empat orang


Rencananya, kata Azhari, saat tiba, jamaah langsung menumpangi bus untuk menuju ke Aula Jeddah, Asrama Haji Debarkasi Aceh. Setelah itu, langsung menaiki bus untuk diantar ke kampung halaman masing-masing oleh panitia dari kabupaten/kota.

Oleh karena itu, dia meminta kepada keluarga jamaah haji selain asal Aceh Besar dan Banda Aceh agar tidak menjemput ke asrama haji, karena tidak akan berjumpa, mengingat jamaah haji langsung diantar oleh panitia daerah.

"Bagi jamaah haji asal Banda Aceh dan Aceh Besar dijemput oleh keluarga. Sementara jamaah haji di luar Banda Aceh dan Aceh Besar dijemput oleh panitia kabupaten/kota,” ujarnya.

Azhari menambahkan rencana pemulangan jamaah haji Aceh pada musim haji tahun ini sebanyak 4.556 orang, yang terbagi dalam 12 kloter. Untuk kloter pertama akan berangkat dari Jeddah, Arab Saudi pada Selasa (4/7), dan akan terus berlanjut jadwal penerbangan untuk kloter lain.

Sementara itu, kata dia, ada delapan peserta haji Aceh yang masih dirawat di Arab Saudi. Apabila kondisi kesehatan tidak kunjung membaik, sehingga tidak bisa pulang sesuai jadwal, akan dipulangkan dengan kloter lain ketika kesehatan sudah benar-benar baik.

Baca juga: Legislator apresiasi PPIH embarkasi Aceh soal layanan haji 2023

“Mudah-mudahan jamaah yang masih dirawat ini segera sembuh, sehingga bisa pulang dengan teman-teman yang lain sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," katanya.

Jamaah haji Aceh yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 4.561 orang beserta petugas. Kemudian, tujuh orang meninggal dunia, dua orang mutasi masuk antar-embarkasi, sehingga peserta haji yang akan pulang sebanyak 4.556 orang.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023