Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 4.500 personel disiagakan untuk mengamankan kunjungan Presiden Joko Widodo ke dua wilayah di Provinsi Papua.

Komandan Korem 172/PWY, Brigjen TNI Dedi Hardono, di Jayapura, Papua, Selasa, mengatakan, ribuan personel itu dikerahkan untuk mengamankan kunjungan presiden mulai dari Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura hingga kunjungan kerja ke Jayapura dan Kabupaten Keerom.

Baca juga: Pemprov: Presiden Jokowi dijadwalkan kunjungi Papua pada awal Juli

Selama berada di Papua, presiden akan memanen jagung di Arso, Kabupaten Keerom, yang berbatasan dengan Papua Nugini, kemudian menyaksikan Karnaval Jalanan Papua yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

"Kegiatan di dua kota di Papua dijadwalkan 6-7 Juli," kata Hardono seusai gelar pasukan yang dipusatkan di lapangan Denzipur Waena, Jayapura.

Baca juga: Pemkot Jayapura minta OPD bersihkan jalan sambut Presiden Jokowi

Sementara itu Komandan Korem 174/Atw, Brigadir Jenderal TNI Agus Widodo, secara terpisah mengakui, presiden akan melakukan kunjungan kerja ke Asmat, Papua Selatan. "Presiden dijadwalkan meresmikan Bandara Dormon Ewer, Kamis (6/7), kemudian ke Jayapura," kata Widodo.

Baca juga: Danrem 172/PWY harap warga turut amankan kunjungan Presiden ke Papua

Sebelumnya, pada Maret lalu Jokowi juga berkunjung ke Papua dan meresmikan Simpul Kreativitas Pemuda Papua, dan menanam jagung di Arso, Kabupaten Keerom.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023