Jakarta (ANTARA News) - Penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan tulang keropos, ujar dokter spesialis penyakit dalam FKUI-RSCM, Dr.dr. Parlindungan Siregar SpPD.KGH.

"Gangguan ini disebut renal osteodistrofi. Ini merupakan gangguan tulang, karena hormon paratiroid menggambil banyak kalsium dari tulang," jelas Parlindungan dalam konferensi pers Hari Ginjal Sedunia di Jakarta, Rabu.

Parlindungan memaparkan bahwa penyakit ginjal kronis menyebabkan komplikasi pada kelenjar paratiroid berupa hiperparatiroid.

Kelenjar ini berfungsi untuk penyerapan kalsium supaya keadaan kalsium dalam tubuh tetap seimbang. Pada penyakit ginjal kronis, kalsium dalam darah cenderung rendah sehingga kelenjar paratiroid menjadi sangat aktif.

"Paratiroid pun mengeluarkan banyak hormon untuk membantu mempercepat absorbsi kalsium di usus. Selain itu ada pula re-absorbsi kalsium di tulang untuk disebarkan ke seluruh tubuh," tutur Parlindungan.

Hormon paratiroid yang mengambil banyak kalsium dari tulang menyebabkan tulang menjadi keropos dan tidak bisa mendapatkan tekanan dari dalam dan luar tubuh.

"Meskipun hanya batuk, pasien bisa celaka karena tulang rusuknya bisa patah karena tidak bisa mendapat tekanan," demikian Parlindungan.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013