sepanjang ada atlet yang memiliki kualitas super dalam jumlah berapapun tetap berpeluang diberikan super tiket
Kudus (ANTARA) - Atlet bulu tangkis yang kalah pada babak turnamen dalam audisi beasiswa bulu tangkis yang diselenggarakan Persatuan Bulu Tangkis (PB) Djarum Kudus, Jawa Tengah, namun kemampuannya dianggap super masih berpeluang lolos lewat pemberian super tiket.

"Kami tidak menentukan kuota super tiket yang akan diberikan kepada atlet yang kalah dalam babak turnamen, namun sepanjang ada atlet yang memiliki kualitas super dalam jumlah berapapun tetap berpeluang diberikan super tiket," kata Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin di Kudus, Selasa.

Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putra yang juga Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi menambahkan pada babak kompetisi ini sudah bisa melihat iklim kompetisinya, dibandingkan dengan babak penyaringan (screening) karena masing-masing atlet dibatasi waktunya.

Akhirnya, kata dia, atlet ada keterbatasan menampilkan kemampuannya secara maksimal. Sedangkan hari ini (4/7) digelar sistem turnamen, sehingga bisa melihat kemampuan mereka sesungguhnya.

Baca juga: Peminat audisi bulu tangkis PB DJarum di Kudus masih tinggi

"Cukup menggembirakan hasilnya, sehingga membuat tim pencari bakat harus bekerja keras dan atau memberikan super tiket bagi atlet yang kalah, namun menurut kami bisa dikembangkan lagi potensinya," ujarnya.

Dari jumlah peserta audisi, kata dia, untuk tahap penyaringan pertama mengurangi 30 persen, tahap kedua 20 persen. Sedangkan untuk tahap turnamen hari ini (4/7) sudah berkurang 50-an persen dari yang mendaftar ulang.

Pada hari pertama fase gugur ini, sebanyak 457 pebulu tangkis muda yang terdiri dari 156 putri dan 301 putra di kelompok usia U-11 dan U-13 berjuang demi memenangkan pertandingan dan melaju ke babak berikutnya.

Pelatih PB Djarum yang juga anggota Tim Pencari Bakat Atlet Putri Ellen Angelina berharap dapat menemukan pebulu tangkis putri sesuai dengan kriteria yang telah ditargetkan oleh PB Djarum.

Baca juga: PB Djarum taruh asa besar kepada atlet baru hasil Audisi Umum 2022

"Karena di fase turnamen ini mereka bermain dengan format pertandingan, potensi atlet jauh lebih terlihat dibanding saat penyaringan, mulai dari segi ketahanan, daya juang, dan pukulan-pukulannya. Semoga mereka memenuhi elemen penilaian dari kami seperti fighting spirit yang besar, terknik dasar bermain, dan memukul yang mumpuni," ujar Juara Indonesia Open 2001 sektor tunggal putri ini.

Selain Ellen Angelina, tim pencari bakat juga diisi oleh jajaran pelatih PB Djarum dan legenda bulu tangkis yaitu Yuni Kartika, Hastomo Arbi, Roy Djojo Effendy, Nimas Rani Wijayanti, Engga Setiawan, Rudy Gunawan Haditono, Denny Setyawan, Maria Elfira Christina, dan Juniar Setioko Tenggono.

Audisi Umum PB Djarum 2023 menyasar kelompok usia U-11 dan U-13 baik putra maupun putri. Seleksi diselenggarakan selama lima hari mulai Minggu (2/7) hingga Kamis (6/7). Pada dua hari pertama, mereka menjalani penyaringan lima dan 10 menit. Lalu pada hari ketiga hingga kelima, peserta yang lolos tahap penyaringan melanjutkan ke babak turnamen.

Peserta yang lolos akan menjalani fase karantina selama empat minggu hingga pada akhirnya tersaring atlet-atlet yang akan mendapatkan Djarum Beasiswa Bulutangkis dari Bakti Olahraga Djarum Foundation dan bergabung dengan klub PB Djarum.

Baca juga: 1.529 pebulu tangkis muda masuk screening Audisi PB Djarum 2023

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023